Faktual dan Berintegritas


PADANG, SWAPENA -- Puncak Hari Bela Negara ke-73 diperingati dengan upacara di Monumen Bela Negara, Nagari Koto Tinggi, Kabupaten Limapuluh Kota, Minggu (19/12). Bertindak selaku inspektur upacara Dirjen Pothan Kemhan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha.

Membacakan amanat tertulis dari Presiden RI Joko Widodo, Mayjen Dadang mengajak segenap elemen bangsa untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban, berjuang pantang menyerah menuju Indonesia maju.

Selain itu ia juga menghimbau untuk meningkatkan ketabahan, kesabaran dalam mematuhi protokol kesehatan Covid 19 di masa pandemi yang belum tahu kapan berakhir. "Tantangan yang kita hadapi tidaklah mudah. Situasi seperti ini memerlukan daya juang kita sebagai bangsa, yang memerlukan kerja keras bersama agar mampu melewati masa sulit ini," kata mantan ajudan Presiden SBY ini.

"Saya ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia sebagai bagian dari komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semangat bela negara," sambung dia.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi membacakan ikrar bela negara yang diikuti oleh semua peserta upacara.

Meski dalam suasana udara yang dingin, upacara yang berlangsung  khidmat tersebut juga dihadiri oleh  kepala daerah se-Sumbar, Forkopimda, guru-guru dan siswa serta berbagai elemen masyarakat lainya.

Sebelumnya, pada peringatan HBN ke-73  dengan  tema 'Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh', ini juga telah dilaksanakan beberapa kegiatan lain seperti tour de PDRI kemudian napak tilas, sosialisasi bela negara, kemah bakti, story telling, dan pagelaran seni budaya anak Nagari Koto Tinggi. (kmf)

 
Top