Jalan dan jembatan terban ke sungai di Saldo Saribulan, Kecamatan IV Jurai. 

PAINAN - Hujan yang mengguyur Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dari sore hingga malam ini, Rabu (23/9) menyebabkan sejumlah permukiman warga di Kabupaten  Pesisir Selatan terendam banjir. Tak hanya itu, banjir juga merusak sejumlah infrastruktur jalan.

Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, banjir terjadi pada permukiman warga di Siguntua Mudo, Kecamatan Koto XI Tarusan dan di Kota Painan Kecamatan IV Jurai serta beberapa kawasan di Kecamatan Batang Kapas.

Banjir juga menghantam Kampung Jalamu, Nagari IV Koto Hilie, tepatnya di jalan Nasional. Hal itu menyebabkan akses lalu lintas terganggu.Di Painan, banjir terjadi pada beberapa titik, seperti di Muaro Painan dan Painan Timur. Ketinggian air diperkirakan mencapai 50 cm di dalam rumah.

Kasi Kedaruratan BPBD Pesisir Selatan, Husnul Karim mengatakan, selain banjir, juga terjadi jalan terban di Nagari Salido Saribulan. Jalan terban ini membuat akses warga menjadi terhambat. "Kalau jalan terban sekitar setengah jam lalu. Tapi, kita belum bisa ke lokasi karena saat ini personel masih di Painan dan Siguntur," terangnya.

Dijelaskan, saat ini untuk penanganan bencana di daerah itu, pihak sudah mengerahkan kekuatan personel dan alat secara maksimal. "Karena personel dan alat kita terbatas. Jadi hanya dua perahu karet yang diturunkan di Siguntur dan Painan," tutupnya. (sh)


 
Top