Faktual dan Berintegritas

 

Pjs Bupati Solok Selatan  Jasman Rizal beserta istri foto bersama dengan Bundo Kanduang.

SOLSEL - Memulai tugas di hari pertama sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal beserta istri, melakukan silaturahmi dengan perwakilan ninik mamak dan bundo kanduang di Istano Rajo Balun, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kab. Solok Selatan, Minggu (27/9). Ia menyampaikan punya dua tugas utama selama menjabat.

Silaturahmi itu dihadiri oleh Sutan Bareno Rajo Mudo, Puti Ros, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Fidel Efendi, Camat KPGD Syahrul Munir, Field Senior Representative PT Supreme Energy Muara Laboh (PT SEML) Nofrins Napilus dan lainnya.

Jasman mengatakan, walaupun ia diberikan amanah tidak terlalu lama, lebih kurang 71 hari, namun ia ingin memberikan sesuatu yang berarti selama di Solsel, dan berkomitmen untuk menjalankan tugas yang diamanahi kepadanya sebaik mungkin.

Menurutnya, sebagaimana arahan pada pelantikan oleh Gubernur Sumbar, terdapat dua tugas utama yang harus ia jalankan selama ia menjabat sebagai Pjs. Pertama, mengawal pilkada di Solsel agar berjalan dengan baik. Yang kedua memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Terkait pilkada, ia menekankan bahwa netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga aparatur nagari adalah wajib dijalankan. Tidak ada toleransi bagi pelanggar netralitas tersebut. "Bagi ASN dan juga aparatur nagari, jangan coba-coba untuk tidak berlaku netral. Tidak ada toleransi bagi yang coba-coba bermain dalam pilkada ini," ujarnya.

Selaku Pjs Bupati, ia juga menyampaikan bahwa dalam menjalankan tugas nantinya, ia dipastikan akan bertindak netral, dan tidak akan memihak kepada pasangan manapun.

Terkait pencegahan Covid-19, secara tegas Jasman juga mengatakan bahwa para pejabat atau ASN di lingkup Pemkab Solse sepulangnya dari luar daerah diwajibkan untuk mengikuti tes swab. "Pejabat ataupun ASN yang baru saja kembali dari luar daerah, seperti Jakarta, Pekanbaru, dan lainnya, baik urusan dinas maupun urusan pribadi, kita wajibkan untuk tes Swab terlebih dahulu. Yang bersangkutan dilarang masuk kantor dan diisolasi di rumah sampai keluar hasilnya," ujar Jasman.

Pihaknya menurut Jasman juga berkomitmen untuk menggalakkan dan mendisiplinkan pemakaian masker bagi seluruh unsur masyarakat, sebagai salah satu upaya guna pencegahan penyebaran Covid tersebut.

Kepada para ninik mamak, bundo kanduang, dan tokoh masyarakat yang hadir, Jasman memohon bantuan guna mendukung tugas-tugas yang diamanahi kepadanya. "Tolong bantu kami untuk menyukseskan ini semua. Sukses pilkada, dan sukses dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini. Tokoh-tokoh yang ikut dalam pilkada besok adalah putra-putra terbaik kita. Mari kita jaga kondusifitas daerah secara bersama-sama," pintanya

Salah seorang ninik mamak, Datuak jo Bintang, mengatakan bahwa para ninik mamak dan masyarakat lainnya siap membantu tugas-tugas tersebut. (Af)

 
Top