JAKARTA - Serangan virus Corona atau Covid-19 di Sumatera Barat semakin menakutkan. Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif terpapar virus berbahaya itu semakin banyak saja. Akibatnya, terjadi perubahan-perubahan pada status daerah pada penanganan Covid-19.

Daerah-daerah yang awalnya zona hijau perlahan menjadi zona kuning. Yang di zona kuning berubaha pula ke zona oranye dan seterusnya menjadi zona merah.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito, menyampaikan hasil analisis terbaru terkait peta zonasi tingkat risiko penyebaran Corona di suatu daerah. Dia mengatakan ada 38 daerah kabupaten/kota yang mengalami perubahan dari zona sedang (kuning) ke zona tinggi.

"(Ada) 38 kabupaten/kota mengalami perubahan dari zona sedang ke zona tinggi," kata Wiku dalam jumpa pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/9).

Wiku lantas merinci, 38 kabupaten/kota yang mengalami peningkatan risiko penularan Corona tersebut tersebar di 17 provinsi. Data ini diambil per Senin (20/9).

Dari 38 daerah kabupaten/kota yang ia sampaikan itu, terdapat empat daerah di Provinsi Sumatera Barat saat ini yang beralih ke zona merah. Seperti dikutip dari detikcom, empat daerah itu adalah:

1. Kota Padang

2. Kota Bukittinggi

3. Kabupaten Agam

4. Kabupaten Pesisir Selatan. (sp)

 
Top