Faktual dan Berintegritas


AGAM - Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Agam terus mengalami penambahan. Data terbaru Sabtu (19/9), tercatat ada penambahan 20 kasus baru.

Penambahan 20 kasus positif Covid-19 tersebar di tujuh kecamatan. Dengan demikian, maka total warga Agam terinfeksi Covid-19 hingga hari ini, Sabtu (19/9) sebanyak 426 kasus.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Agam, Drs. Martiaswanto  Dt. Maruhun merinci sebaran penambahan warga terkonfirmasi positif Covid-19 meliputi Banuhampu sebanyak 5 kasus, Ampek Angkek 4 kasus, Tilatang Kamang 4 kasus, IV Koto 3 kasus, Palembayan 2 kasus, Baso 1 kasus, dan Kamang Magek 1 kasus.

"Selain penambahan kasus warga positif  Covid-19, hari ini juga ada 11  pasien yang dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan pulang," ucap Martiaswanto.

Dengan tambahan 11 pasien sembuh itu, maka total pasien yang sembuh Covid-19 di Agam semuanya sebanyak 132 orang.

Martiaswanto juga menyebutkan, kasus suspek atau warga yang dicurigai terinfeksi Covid-19 tercatat sebanyak 111 orang. Sedangkan warga yang terindikasi memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi Covid-19 sebanyak 1217 orang.

"Hari ini yang dirawat sebanyak 287 orang dengan rincian, 25 dirawat di rumah sakit, 24 dikarantina dan 238 orang isolasi mandiri," sebutnya.

Sementara itu, ia juga menjelaskan berdasarkan hasil kajian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat bahwa Kabupaten Agam berada di zona oranye. "Maka dari itu, dengan status zona oranye  tersebut, kami meminta kepada warga Agam untuk benar-benar disiplin menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Semoga pandemi ini cepat berakhir," ujarnya berharap. (rls/kz)

 
Top