Faktual dan Berintegritas


PADANG – Seminggu setelah dilaunching, Program Super Merdeka UMKM / IKM milik PLN telah menarik minat lebih dari dua ratus pelanggan di Sumatera Barat. Program Super Merdeka UMKM / IKM yang memberikan keringanan Biaya Penyambungan (BP) Tambah Daya sebesar 75% merupakan upaya PLN dalam memberdayakan dan menumbuhkan kegiatan ekonomi bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menegah (IKM) secara Nasional ditengah keprihatinan pandemi Covid-19 sekaligus juga bertepatan dengan momentum HUT RI ke 75 dan Hari Pelanggan Nasional 2020.

“Per tanggal 10 September ini sudah 269 pelanggan UMKM dan IKM yang mendaftar, ini merupakan indikasi bagus bahwa ekonomi Sumbar perlahan mulai bangkit. PLN sangat berharap dapat berperan ditengah masyarakat memberikan keringanan ditengah-tengah pandemi ini salah satunya melalui tambah daya listrik yang super murah,” ungkap Bambang Dwiyanto, General Manager PLN UIW Sumbar. Bambang juga menjelaskan bahwa program Super Merdeka yang berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia ini berlaku hingga 03 Oktober 2020 nanti.

Data mencatat peminat terbanyak berada di daerah wilayah kerja unit pelaksana pelayanan pelanggan (UP3) Padang sebanyak 123 pelanggan, lalu diikuti oleh UP3 Solok sebanyak 69 pelanggan, UP3 Bukittinggi sebanyak 50 pelanggan dan UP3 Payakumbuh sebanyak 27 pelanggan. Sampai saat ini angka tersebut terus bertambah seiring dengan makin banyaknya masyarakat yang mengetahui program ini. 

Program Super Merdeka UMKM/IKM memberikan keringanan bagi  pelanggan listrik PLN dengan golongan tarif Bisnis dan Industri mulai dari daya 450 VA sampai dengan daya 13.200 VA dengan pilihan daya akhir sampai dengan daya 16.500 VA. PLN menginisiasi program tersebut karena menyadari pentingnya peran UMKM/IKM sebagai tulang punggung kegiatan ekonomi pada saat ini, pelanggan tentu membutuhkan listrik dengan daya yang lebih besar untuk mendukung kegiatan bisnisnya. (rls)

 
Top