Alirman Sori  

JAKARTA - Anggota DPD RI, Alirman Sori, mengapresiasi kerja keras Kepolisian dalam mendalami sebab-sebab kebakaran Gedung Kejaksanaan Agung RI. Sebagaimana diungkapkan oleh Kabareskrim, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menyebut penyebab kebakaran gedung utama Kejaksaan Agung (Kejagung) ada unsur kesengajaan dan direncanakan oleh pihak-pihak yang ingin gedung tersebut terbakar.

Menurut dia, jika hal itu benar, sungguh suatu keniscayaan, pantas diungkap secara terbuka sehingga tidak menimbulkan polemik yang berkepanjangan. "Sebab-sebab kebakaran harus diungkap secara terbuka, sehingga tidak menimbulkan distrust kepada institusi Kejaksaan Agung," ujar Senator asal Sumbar ini di Jakarta, Kamis (17/9).

Sebagaimana yang diberitakan di berbagai media, bahwa telah dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) sebanyak 6 kali yang dilaksanakan penyidik, Pusinafis dan Puslabfor dengan metode SCI (scientific crime investigation). "Kemudian juga sudah dilakukan pemeriksaan rekaman CCTV di TKP di sekitar TKP,  keterangan saksi-saksi, melakukan Pra rekonstruksi dan simulasi, mengambil keterangan ahli kebakaran dan ahli pidana," kata Irjen Pol Listyo Sigit dalam konferensi pers di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/9). 


Alirman Sori mendorong agar pihak Kepolisian atau penyidik menuntaskan penyebab kebakaran itu secara terbuka ke publik sehingga jangan sampai terjadi preseden berikutnya yang bisa terjadi di institusi lainnya.


Ia juga mengimbau masyarakat dan semua pihak agar mendukung kerja kepolisian secara profesional dengan tetap mengemukan prinsip praduga tidak besalah, sehingga penanganan kasus ini benar-benar dapat memastikan penegakan hukum yang berkeadilan dan yang dilandasi nilai-nilai kejujuran. (rls)

 
Top