Buya Syekh Mudo Abdul Manaf 

PASBAR - H. Yulianto dan Syafrial berpasangan untuk menggapai kursi bupati dan wakil bupati Pasaman Barat pada Pilkada serentak 2020 ini. Pasangan ini digadang-gadang bisa menang menghadapi kompetitornya.

Lalu bagaimana tentang mereka berdua di mata Buya Syekh Mudo Abdul Manaf, salah satu tokoh ulama terkemuka Sumatera Barat dari Pasaman Barat? "Majulah dengan iman, karena keridhoan Allah-lah yang kita harapkan," sebut ulama keramat ini di Surau Syekh Mudo, Nagari Persiapan VI Koto Utara, Kecamatan Kinali, Sabtu (12/9).

Generasi kedua setelah H. Buya Syekh Mudo Abdul Rahman tahun 1890 dengan puluhan ribu jama'ah Tarikat Naqsabandiah yang diamalkan dengam Ilmu Tasauf ini menilai. H. Yulianto Bupati Pasbar Aktif saat ini adalah sosok yang santun, merakyat serta rendah hati, langkahnya sepanjang memegang amanah setelah Almarhum H. Syahiran pun cukup elok dan tidak 'lalin' /salah langkah. 

"Selain cerdas, rendah hati, sabar serta amanah, iman dan Tagwa adalah kunci kesuksesan dari segalah sendi kehidupan, apalagi dalam memimpin, kedu hal ini harus dimiliki dan tertanam dalam pada mereka. Insyaallah, semoga kedua sosok ini mampu untuk mempertahankan itu," pituahnya.

Lain hal dengan Syafrial imbuh Syekh ini, ia tidak asing lagi di tengah masyarakat. Lelaki yang akrap disapa Mak Sutan ini tidak hanya terbilang sukses memimpin Nagari Kinali selama dua periode dan meraih prediket nagari terbaik dalam keterbukaan pengelolaan anggaran di Sumbar. 

Jauh sebelum itu, jenjang pengabdiannya dari seorang guru bahasa Inggris hingga pernah menjadi ajudan wakil bupati Pasbar almarhum H. Syahrul Dt. Marajo dengan Bupati H. Baharuddin R kala itu, tentu telah cukup kenyang mengutip pengalaman. 

"Tidak hanya mahir dan berprestasi dalam pemerintahan, Sutan (Syafrial) juga cakap di mimbar syiar Islam. Inilah yang membuat mereka serasi berpasangan sebagai Cabup dan Cawabup pada Pilkada 2020 Pasbar, Insyaallah, setiap iktikat dengan ketulusan hati Allah akan berikan kemudahkan. Karena Allah pasti berikan yang terbaik bagi kita dan negeri ini," ulasnya.

Juga dikatakan, sosok kandidat lain yang maju pada Pilkada Pasbar saat ini juga memiliki sisi kebaikan dan keistimewaan, karena mereka (5 pasang kandidat-Red) adalah bagian putra terbaik. 

"Pada dasarnya, semua kandidat tentulah memiliki pengalaman dan pengabdian yang baik, siap untuk memimpin seperti halnya H. Yulianto dan Syafrial. Dan pada akhirnya, siapapun diantara mereka yang nanti mendapat amanah terbaik dari umat, mari sama-sama kita dukung dan kita do'akan untuk melanjutkan Pasbar lebih baik," ulasnya mengakhiri. (Ad)

 
Top