Dr. H. Novirman 

SOLSEL - Hari kedua pelaksanaan tes swab bagi guru se-Solok Selatan makin hari makin banyak. Hari ini (Rabu-red) saja  tercatat sudah melakukan tes swab sebanyak 730 orang. Sedangkan kemaren sebanyak 400 orang, maka total hingga kini sudah 1.130 orang. 

Tidak itu saja, Fasiltas Kesehatan (Faskel) yang melaksanakan juga semakin banyak, dari kemaren hanya 6 Faskel yang melaksanakan,  saat ini tercatat sebanyak 9 Faskel, " kata Kadis Kesehatan Solsel,  Dr. H. Novirman,  Rabu (14/10)

Adapun faskel yang terbanyak melakukan tes swab di antaranya Puskesmas Lubuk Gadang dengan 176 orang, disusul Puskesmas Muara Labuh dengan 125 orang yang sudah di ambil sampelnya, " tambah Novirman. 

Adapun rincian Faskel lain yang sudah melakukan tes swab para guru di Solsel itu antara lain, Puskesmas Talunan 82 orang,  Puskesmas Mercu 72 orang, Puskesmas Pekan Selasa 65 orang.

Berikut  Puskesmas Sungai Kalu 61 orang, Puskesmas Abai 55 orang serta Puskesmas Pakan Rabaa 54 orang. Sedangkan yang paling sedikit melakukan tes swab adalah Puskesmas Bidar Alam, yaitu sebanyak 40 orang," tambah Novirman. 

Sementara itu, Plt. Kadisdikpora Solsel,  Novrizon menjelaskan bahwa pihaknya optimis jajarannya  akan melakukan tes swab lebih banyak. 

Artinya sesuai data guru yang ada di bawah kewenangannya berjumlah sebanyak 1680 orang. Sementara guru se-Solok Selatan mulai dari SD, hingga SMA/SMK/MA, serta jajaran Kemenag totalnya berjumlah 3.100 orang, " terang Novrizon. 

Menurut dia, dengan semakin banyaknya yang dites swab maka akan semakin mudah mengendalikan penyebaran Covid-19 di Solok Selatan," pungkas Novrizon. 

Data pantauan Covid-19 Solok Selatan pada Rabu (14/10) yaitu pasien sembuh bertambah satu orang yaitu EAS (45) warga Pakan Rabaa dan pasien Positif tidak ada penambahan. 

Kasus positif Covid-19 Solok Selatan masih 49 orang dengan yang sembuh 28 orang dan dalam perawatan atau isolasi 21 orang. 

Sedangkan spesimen yang telah diperiksa di Solok Selatan sebanyak 3.959 orang dengan Positivity rate 1,23 persen. (Af)

 
Top