SOLSEL - Lepas dari kategori daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T), Kabupaten  Solok Selatan (Solsel) terus bergeliat dalam pembangunan daerah. Teranyar, pendirian gelanggang olahraga dan balai masyarakat yang dibalut dengan nama Gelora Energy telah rampung pelaksanaannya dan diserahterimakan secara simbolis kepada Pemkab Solsel lewat acara inagurasi virtual, Kamis (8/10) lalu. 

Gelora Energy yang mulai dibangun semenjak 2018 terletak di daerah Pekonina Muara Labuh dan dibangun PT. Supreme Energy Muara Labuh (SEML). Proses penyerahan sebelumnya telah dilaksanakan akhir Agustus lalu oleh perwakilan SEML kepada Plt. Bupati Solsel, Abdul Rahman.

"Serah terima di depan notaris sudah dilangsungkan 31 Agustus kemarin. Hari ini adalah simbolisnya," ujar Pjs Bupati Solsel, Jasman Rizal mengawali sambutan pada acara sore itu.

Jasman menambahkan, kawasan yang berada di ketinggian 1.000 dpl tersebut, merupakan salah satu komplek olahraga terbaik di Sumatera Barat. Dinamakan Gelora Energy agar dapat membangkitkan energi terutama para atlet dan masyarakat Solok Selatan dalam membangun keolahragaan di daerah tersebut.

Diakui, di segi olahraga, Solsel termasuk gudang atlet berprestasi. Gelora Energy diharapkan jadi sarana dalam memajukan serta mengembangkan bakat olahraga generasi muda Solsel yang muaranya mengharumkan nama daerah dan bangsa. Untuk itu dia menghimbau supaya fasilitas ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Nagari Saribu Rumah Gadang.

"Fasilitas olahraga Gelora Energy tak main-main. Dilahan seluas 8 hektar ini terdapat lapangan sepakbola dan atletik pada ruang terbuka dan arena tertutup seluas 34 x 24 meter. Lapangan sepakbola saja menggunakan jenis rumput terbaik standar FIFA, yang dikenal dengan nama Zoyzia Matrella (ZM) atau rumput Manila. Satu-satunya di Sumbar," sebut Jasman berpromosi.

Di samping itu, kehadiran Gelora Energy mampu menggerakkan perekonomian daerah maupun masyarakat sekitar. "Dengan mengadakan even-even sampai pesta pernikahan di venue ini, akan menambah kas daerah serta meningkatkan perekonomian warga sekitar gelora. Begitu banyak manfaat gelora bagi kita," tambahnya.

Terakhir, Jasman meminta pemda dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga aset tersebut. "Menjaga dan memelihara lebih sulit dari membangun. Mari Kita jaga bersama untuk kepentingan Solok Selatan," pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim dan tokoh-tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya. (kmf/sbr)

 
Top