Faktual dan Berintegritas


PAINAN - Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), terpilih sebagai salah satu daerah nominasi Peduli Wisata Award (PWA) Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2020. Untuk penilaian tahap berikutnya, tim penilai Peduli Wisata Award tingkat Sumatera Barat, kunjungi daerah setempat, Jumat (9/10).

Tim penilai yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ansofino, M.Si, akademisi dari STKIP PGRI Sumbar, dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Novrial, bersama anggota tim penilai diterima Pjs Bupati Pessel Mardi di ruang rapat bupati.

Pjs Bupati Mardi, didampingi Sekda Erizon, Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Hadi Susilo, serta sejumlah kepala perangkat daerah setempat.

Di hadapan tim penilai, Pjs bupati, mengemukakan, pariwisata merupakan salah satu sektor  yang didorong untuk menggerakan ekonomi di masa pandemi. 

Hal tersebut dilakukan dengan melahirkan beberapa kebijakan diantaranya membebaskan biaya masuk bagi wisatawan di objek wisata Pessel dan melakukan pembinaan terhadap pengelola home stay terhadap penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

"Kita terus mendorong agar pariwisata Pessel terus bergerak untuk menopang ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19," kata Mardi.

Dalam kesempatan itu, Mardi, berharap  kepada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan OPD terkait agar memberikan informasi dan dokumen yang lengkap agar dapat mengantarkan Pessel sebagai juara pada PWA tahun ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Novrial, mengemukakan, penilaian PWA tahun ini berbeda dari sebelumnya, hal tersebut disebabkan karena saat sedang dilanda pandemi Covid-19.

Perubahan sistem penilaian tersebut diantaranya, penyerahan dokumen pendukung dilakukan melalui aplikasi. Sedangkan objek yang dinilai adalah kegiatan yang dilakukan selama tahun 2018 dan tahun 2019. "Karena pandemi kegiatan tahun 2020 tidak termasuk bagian yang dinilai," kata Novrial.

Ketua Tim Penilai, Prof. Dr. Ansofino, menjelaskan, penilaian PWA di Pesisir Selatan, akan dilaksanakan selama dua hari, (Jumat dan Sabtu) yang meliputi di antarabya,  klarifikasi dan peninjauan lapangan.

Sebagaimana diketahui Kabupaten Pesisir Selatan, merupakan salah satu dari sembilan kabupaten/kota yang ditetapkan sebagai nominasi kabupaten penerima Peduli Wisata Award tahun 2020.

Tim penilai berjumlah enam orang yang berasal dari akademisi, UNP, Unand dan STKIP PGRI Sumbar, serta pegiat pariwisata. (rls)

 
Top