Faktual dan Berintegritas

Gubernur Irwan Prayitno menjelaskan soal kasus Covid-19 di Sumbar kepada Sestama BNPB, Harmensyah di Gubernur Sumbar, Rabu (21/10).

PADANG - Mengantisipasi peningkatan jumlah pasien positif Covid-19, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyiapkan ruang isolasi baru. Rencananya sejumlah hotel di Kota Padang akan disiapkan sebagai tempat karantina pasien Covid-19.

Rencana itu juga mendapat respon dari Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB). Bahkan, BNPB siap menyediakan anggaran untuk menjadikan hotel sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

“Dengan hadirnya karantina di hotel ini, maka bagi pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri akan dimasukkan ke dalam hotel tersebut, untuk dikarantina. Tujuannya agar tidak menyebar di rumah, karena di rumah tidak siap dengan sarana prasarananya,” kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Rabu (21/10).

Irwan menambahkan, hotel yang disiapkan untuk karantina pasien positif Covid-19 ini, nantinya adalah hotel bintang II dan bintang III. Hotel bintang III dijadikan untuk tempat pasien umum dengan gejala ringan dan bintang III untuk tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19.

“Kita sedang siapkan prosesnya. Sore ini saya bersama Kapolda Sumbar rapat dengan Kepala BNPB terkait rencana karantina di hotel ini,” terangnya.

Irwan Prayitno mengklaim, tidak lagi kekurangan fasilitas untuk karantina dan isolasi. Asrama Haji Padang menurutnya, Kamis (22/10) diperkirakan telah siap dijadikan tempat karantina. “Karena saat ini sudah dipagar sejak Minggu kemarin dan tenaga kesehatannya sudah diambil dari beberapa tempat. Begitu juga rumah sakit, minggu ini sudah bertambah 68 tempat tidur. Ini bisa meng-cover kebutuhan kamar perawatan,” katanya.

Langkah-langkah penanganan Covid-19 yang dilakukan Pemprov Sumbar mendapat apresiasi dari Sekretariat Utama (Sestama) BNPB, Harmensyah. “Penanganan Covid-19 di Sumbar sangat bagus. Apalagi testing dilakukan dengan biaya gratis selama ini. Menurutnya, angka yang terpapar Covid-19 saat ini cukup tinggi di Sumbar, karena testing yang dilakukan melalui test swab semakin banyak. Ini sangat baik sekali,” ucap dia.

Terkait rencana menyiapkan hotel untuk tempat karantina, Harmensyah menyatakan BNPB siap menyediakan sarana dan prasarana pendukungnya. “Silahkan cari hotel bintang II dan III. Nanti kita siapkan fasilitasnya. Pemprov Sumbar tidak perlu repot-repot lagi cari dan bangun rumah sakit darurat,” tutupnya. (ys)

 
Top