PAINAN - Calon Gubernur Sumatera Barat, Ir H. Mulyadi Senin kemarin melakukan kunjungan ke salah satu daerah di Kabupaten Pesisir Selatan, yaitu Langgai di Nagari Gantiang Mudiak Utara, Surantih, Kecamatan Sutera. Daerah ini dikategorikan terisolir karena akses jalan yang sangat sulit dan membahayakan. Selain itu, sinyal komunikasi pun tidak tersedia.

Puluhan tahun terisolir, kini masyarakat Langgai menginginkan perubahan. Hal itu diperlihatkan tingginya antusias masyarakat di sepanjang jalan Pasar Surantih-Langgai menyambut kedatangan pemimpin perubahan tersebut.

 Mulyadi beberapa kali berhenti untuk menyapa masyarakat yang ingin bertemu dengan dirinya. Keluhan hati masyarakat pun pecah di hadapan Mulyadi. Mereka mengaku merasa diabaikan karena tidak merasakan pembangunan dari pemerintah.

Tokoh masyarakat Langgai, Zaini Efendi sangat berterima kasih dengan kedatangan Mulyadi. Dia mengatakan daerahnya seperti tidak diperhatikan oleh pemerintah selama ini, terutama oleh pemerintah provinsi.

Semenjak dibangun pada zaman Bupati Darizal Basir pada 1996, jalan menuju Langgai diabaikan. Tidak ada lagi pembangunan sehingga akses begitu memprihatinkan dan membahayakan bagi masyarakat. “Kami daerah terisolir yang sulit dijangkau dengan pembangunan. Mudah-mudahan dengan kunjungan  Bapak Mulyadi mendapat berkah dan diizinkan oleh Allah SWT sebagai gubernur dan membangun Langgai khususnya dan Kabupaten Pesisir Selatan umumnya,” ucap tokoh masyarakat Zaini Efendi. 

Kunjungan Mulyadi ke Langgai didampingi Ketua Tim Pemenangan Mualim DR. H. Alirman Sori, SH., M.Hum., MM, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat H. Darizal Basir dan Sekretaris Tim Pemenangan Januardi Sumka.

Zaini Efendi mengatakan, selama menjadi Anggota DPR RI masyarakat mendengar bahwa Pak Mulyadi memperjuangkan peningkatan kualitas jalan nasional poros Painan-Tapan yang melewati Sutera. Sehingga sangat tepat jika masyarakat Langgai menumpangkan harapan kepada Mulyadi.

Sebagai bentuk optimismenya, Zaini mewakili masyarakat Langgai siap berjuang untuk memberikan suara kepada Calon Gubernur Mulyadi yang disebut-sebut sebagai kandidat terkuat pada Pilgub Sumbar 2020. Sehingga perubahan yang diharapkan Zaini Efendi dapat terwujud bersama pasangan Cagub Cawagub Mulyadi-Ali Mukhni.

“Daerah Gantiang Mudiak Utara Surantih sepakat masyarakat dan sudah satu suara yaitu memilih Calon Gubernur Bapak Mulyadi nomor urut 1,” pungkasnya yang disambut tepuk tangan masyarakat Langgai lainnya.

Warga lainnya, Iren menyebut dirinya dan masyarakat tidak meminta apapun kepada Mulyadi kecuali perbaikan jalan. Dia menyebut selama ini masyarakat sudah cukup menderita dengan akses jalan yang sangat buruk. “Kami hanya minta jalan kami diperbaiki, Pak Mulyadi. Selama ini kami sudah terlalu sering dikecewakan. Sekarang harapan kami tertumpang kepada Pak Mulyadi, semoga harapan kami dapat dikabulkan,” ucap Iren sambil menyalami Mulyadi.

Pada kesempatan yang sama H. Darizal Basir yang juga Bupati Pesisir Selatan dua periode, 1995 - 2005 menegaskan bahwa lakek tangan Ir. H. Mulyadi selama menjadi Anggota DPR RI terlihat nyata. Karenanya Anggota DPR RI 3 periode ini menyatakan bahwa sudah tepat masyarakat Pesisir Selatan menggantungkan harapan pada sosok Mulyadi. Masih banyak ketertinggalan daerah ini dibanding daerah lain secara infrakstruktur. 

Sementara Dr. H. Alirman Sori yang merupakan Anggota DPD RI dari Sumatera Barat menegaskan, untuk memacu pembangunan, dibutuhkan tokoh yang memiliki jaringan yang kuat dan luas di tingkat Nasional. Dan sosok Ir. H. Mulyadi memenuhi kriteria itu sehingga apa - apa yang menjadi aspirasi masyarakat dapat diwujudkan tanpa hanya mengandalkan APBD yang terbatas. 

"Pak Mulyadi itu memiliki jaringan nasional yang luas dan  kreatif dalam mencari sumber - sumber pembiayaan pembangunan. Tidak cukup disumberkan pada APBD Provinsi saja. Karenanya kita butuh pemimpin yang mampu membawa perubahan dan itu ada pada seorang Mulyadi," sebut Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan 2004 - 2009 itu.

Menanggapi keluhan dan harapan masyarakat Langgai, Mulyadi menegaskan akan memprioritaskan jalan Pasar Surantih-Langgai jika diamanahkan masyarakat Sumbar menjadi Gubernur. Karena jalan tersebut kewenangan Pemprov, jadi harus diprioritaskan untuk mengakhiri penderitaan masyarakat.

Melihat komitmen Mulyadi, masyarakat pun menjadi lega. Masyarakat yakin menumpangkan harapan besar kepada Cagub nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukhni yang telah memiliki pengalaman dan terbukti bekerja nyata. (rel)

 
Top