Ilustrasi peristiwa banjir Kamis 11 Oktober 2018 lalu. (klik positif).

PASAMAN - Tingginya intensitas curah hujan di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat mengakibatkan banjir di kawasan Kecamatan Bonjol, Kamis (22/10) malam, lantaran meluapnya sungai Batang Malandu dan Batang Padang Bubus di Nagari Ganggo Hilia. Selain merendam rumah-rumah penduduk, sejumlah jembatan juga terputus akibat peristiwa itu. 

Camat Bonjol, Afnita kepada wartawan Jumat (23/10) menjelaskan, sedikitnya ada tiga jembatan yang putus akibat banjir tersebut, yakni Jembatan Labuah Kaciak di Jorong Pasar, Jembatan Pendek di Padang Bubus dan jembatan penyeberangan warga antara Kampung Sianok dan Pasar. 

Selain itu, ada pula bronjong pengaman MTsN 4 Pasaman yang roboh, tembok penahan Jembatan di Jorong Kampuang Talang, roboh. Saluran irigasi Banda Tanjung Bungo amblas, tebing saluran irigasi dan area persawahan masyarakat Tanjung Bungo rusak berat. Jalan aspal sepanjang Jorong Kampuang Talang sampai ke Simpang Tugu rusak, jalan Rambai Jorong Pasar putus  serta ratusan rumah warga tergenang air.

“Saat ini situasi mulai kondusif. Warga tampak mulai berbenah. Kita tidak ingin warga kewalahan akibat dampak banjir ini. Usai peninjauan dengan pihak Dinas PU, kami bakal segera melakukan perbaikan terutama di titik-titik fatal kebutuhan masyarakat,” sebut Afnita. (cn)

 
Top