Faktual dan Berintegritas

 


PADANG, Swapena --  Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Sumatera Barat (Sumbar), rahun 2021 resmi dimulai. Pembukaan berlangsung serentak di dua daerag, yaitu Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Senin (1/3).

Sebelumnya di kedua sasaran TMMD tersebut telah dimulai tahapan sosialisasi dan Pra TMMD selama satu bulan dengan target sasaran di antaranya pembukaan lahan untuk jalan, pembangunan jembatan dan rehab rumah tidak layak huni serta rumah ibadah.

Kepala Bidang Kerjasama dan Pembangunan Kawasan Pedesaan (KPKP) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sumbar, Vera Irawati, Senin (1/3) mengatakan sejumlah bantuan untuk TMMD dari berbagai dinas instansi maupun BUMN, sebagian besar telah diterima DPMD dan telah disalurkan melalui Komando Distrik Militer (Kodim) ke dua lokasi TMMD.

"Hingga Senin, sebagian besar bantuan sudah datang. Khusus bantuan dana segar, sudah kita salurkan ke toko-toko bangunan di dua lokasi TMMD untuk dibelikan semen. Beberapa OPD yang telah memberikan, di antaranya Dinas PSDA, Dinas ESDM, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) berupa 30 zak semen dan Bank Nagari 100 zak semen," ujar Vera.

Ia menambahkan, selain uang dan semen, juga ada bantuan sembako sebanhak 40 paket dari Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar, senilai masing-masing paket Rp.250 ribu.Sebelumnya juga ada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar yang telah memberikan bantuan untuk rehab rumah tidak layak huni untuk 10 rumah, masing-masing 5 rumah di setiap lokasinTMMD. Nilainya setiap rumah Rp20 juta.

"Bantuan dari dinas instansi lainnya mungkin besok langsung ke lokasi TMMD. Seperti Dinas Pangan bantu 1000 bibit sukun dan Bulog besok antar bantuan sebanyak 50 karung beras tinggi protein," sebut Vera.

Sementara itu, Dinas PMD, Senin (1/3) telah mengantarkan langsung bantuan berupa peralatan olahraga yang terdiri dari bola kaki, bola volly, bola takraw 4 buah, net volly dan net takraw. Kemudian perlengkapan kerja lapangan berupa baju kaos 80 helai, topi 80 buah dan sepatu boots 80 pasang.

Selanjutnya Perlengkapan Ibadah berupa Alquran 12 buah, mukena 10 helai, sajadah 10 lembar dan ambal 10 meter ( 2 rool/gulung ). Mesin genset 2 unit dan mesin potong rumput 2 unit serta bantuan berupa bahan material bangunan.

Dandim 0308/Pariaman Letkol Czi. Titan Jatmiko melalui Pasiter Kodim Lettu Inf. Aidil Adha, dalam rilisnya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kedatangan DPMD Provinsi Sumbar yang sudah bersedia memberikan bantuan guna mendukung kegiatan program TMMD ke-110 yang nantinya akan dibagikan ke masyarakat Nagari Salibutan, yang menjadi lokasi TMMD di Kabuparen Padang Pariaman. (kmf)

 
Top