AGAM - Puluhan warga Nagari Suayan, Kabupaten Limapuluh Kota, yang tersesat di hutan Bukit Suayan saat napak tilas sejak Sabtu (3/10) kemarin telah ditemukan. Mereka ditemukan oleh tim gabungan selepas magrib  Minggu (4/10).

Informasi yang diperoleh dari Kasatpol PP Kabupaten Agam, Kurniawan Syah Putra, tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Basarnas, Pol PP, BPBD Kabupaten Agam dan Limapuluh Kota serta masyarakat Nagari Kamang Mudiak berhasil menemukan seluruh anggota yang tersesat di hutan. Mereka ditemukan dalam kondisi kelompok terpisah.

"Penemuan rombongan terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama bertemu tiga orang, tahap kedua bertemu lagi tiga orang. Alhamdulillah, usaha pencarian membuahkan hasil dengan ditemukannya 80 orang lagi, sehingga semunya berjumlah 86 sudah ditemukan," katanya.

Saat ini semua rombongan sedang dilakukan pendataan untuk dievakuasi. Semua rombongan dalam keadaan sehat, walaupun ada beberapa orang yang lemah dan kelelahan disebabkan selama lebih 24 jam berada dalam hutan.

"Insya Allah semua korban akan dievakuasi malam ini oleh tim gabungan menuju Suayan. Diperkirakan rombongan sampai di Suayan sekitar subuh mengingat kondisi medan dan cuaca gelap," Kurniawan.

Sebelumnya diberitakan, puluhan warga Nagari Suayan, Kabupaten Limapuluh Kota, dikabarkan tersesat di hutan Bukit Suayan. Mereka dikabarkan sedang melakukan napak tilas masuk hutan sejak Sabtu (3/10) kemarin.

Terakhir dikabarkan, jumlah warga keseluruhan sebanyak 86 orang. Di dalam rombongan juga ada wanita dan remaja. Rombongan berangkat sekitar pukul 10:00 WIB, Sabtu itu, sampai sore dan malam rombongan tersebut masih belum pulang. (mw/sp)



 
Top