Faktual dan Berintegritas

 

Fahira Idris 

JAKARTA - Hari ini, Kamis (1/10) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI memperingati hari lahirnya yang ke-16. Berbagai kegiatan sosial digelar anggota DPD RI di berbagai daerah pemilihannya masing-masing. 

Salah satunya seperti yang dilakukan Anggota DPD RI Daerah Pemilihan DKI Jakarta Fahira Idris yang menggelar bakti sosial di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Di kawasan yang beberapa waktu lalu dilanda kebakaran ini, Fahira Idris membagikan paket sembako, masker dan hand sanitizer.

Fahira mengungkapkan, HUT DPD RI ke-16 di masa pandemi ini diperingati secara khusus dengan menggelar berbagai kegiatan bakti sosial langsung ke masyarakat. Selain untuk meringankan beban warga yang terdampak Covid-19, peringatan HUT DPD RI juga ingin mengokohkan pentingnya mewujudkan kesejahteraan daerah seluruh Indonesia sebagai jalan utama jika Indonesia ingin menjadi negara maju.

“Sejatinya, wajah negeri ini dilukis dari daerah. Kesejahteraan di daerah adalah kemajuan bagi Indonesia. Oleh karena itu, strategi utama menuju Indonesia menjadi negara maju pada 2045 adalah memastikan pembangunan nasional berpihak kepada kesejahteraan rakyat di daerah, dan DPD RI punya tugas besar untuk ikut mewujudkannya,” tukas Fahira Idris di sela-sela peringatan HUT DPD RI ke-16 di Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (1/10).

Menurut Fahira, di usianya yang menapaki 16 tahun, DPD RI terus berbenah diri menjadi lembaga perwakilan rakyat yang aspiratif memperjuangkan kepentingan dan kesejahteraan daerah. Sebagai lembaga perwakilan yang lahir atas amanat reformasi, DPD RI terus berikhtiar mengartikulasi kepentingan daerah pada setiap proses pembuatan keputusan di tingkat nasional.

Kepentingan daerah, lanjut Fahira, sedapat mungkin harus menjadi agenda pembangunan nasional. Karena hanya dengan begitu terjadi percepatan kesejahteraan dan lompatan kemajuan di negeri ini. “Untuk itu, penguatan kedudukan, wewenang, dan tentunya penguatan tanggung jawab DPD RI sebagai wakil yang dipilih oleh rakyat di daerah juga harus dikuatkan. Penguatan DPD RI ini semata-mata agar kepentingan daerah menjadi fokus dan agenda pembangunan nasional agar rakyat di daerah rasakan kesejahteraan,” ujars Senator Jakarta ini.

Selain membagikan membagikan paket sembako, masker, dan hand sanitizer, peringatan HUT DPD RI kali ini juga diisi dengan sosialisasi 3M (Memakai masker dengan baik yang benar dengan menutup mulut dan hidung serta masker kain berlapis; mencuci tangan dengan sabun di air mengalir; dan menjaga jarak). Juga diserahkan Piagam Penghargaan Tertinggi kepada Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara sebagai garda terdepan penanggulangan Covid-19. (rls)


 
Top