PADANG - Hujan lebat yang mengguyur Kota Padang sejak Kamis (1/19) sore tadi kembali mengakibatkan banjir di sejumlah kawasan. Bahkan, hujan disertai angin kencang itu juga menumbangkan sejumlah pohoh di kota itu.

Informasi yang diperoleh swapena.com, kawasan yang digenangi air antara lain Jondul Rawang, Alai, Kuranji sekitarnya, kawasan Lubuk Buaya dan lainnya. Sedangkan pohon tumbang antara lain terjadi di kawasan Teluk Bayur.

Sementara itu, data BPBD Padang, genangan air atau banjir terjadi pada di dua titik, yakni, Perumahan Jondul Rawang, dengan ketinggian air mencapai lebih kurang 40 centimeter. Kedua di Jalan Gajah Mada persisnya depan SDN 03 Alai, dengan ketinggian air mencapai lebih kurang 45 centimeter.

Sedangkan pohon tumbang juga terjadi di dua titik yakni, jalan masuk Lantamal II Kelurahan Teluk Bayur, dan jalan masuk pelabuhan Teluk Bayur.

"Saat ini petugas masih berada di lapangan, guna memantau aliran sungai. Sementara pohon tumbang, kami telah lakukan evakuasi material pohon yang melintang di jalan," kata Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Padang, Sutan Hendra.

Sutan Hendra mengatakan, selain petugas disiagakan di sejumlah titik yang dianggap rawan terjadinya banjir dan pohon tumbang, pihaknya juga telah memonitoring tingginya air aliran batang Kuranji. "Kita sudah pantau tinggi muka air Batang Kuranji, statusnya masih normal dengan ketinggian 60 centimeter," ujar dia.

Terkait kondisi cuaca saat ini, Sutan Hendra mengingatkan seluruh warga Kota Padang, apabila curah hujan dengan itensitas tinggi dan cukup lama selalu waspada. Khususnya yang berdomisili di sepanjang aliran sungai dan perbukitan.

Hingga berita ini ditulis, hujan masih berlangsung di seluruh wilayah Kota Padang.  (do)

 
Top