Novirman 

PADANG ARO  -  Lagi 4 orang warga Solok Selatan, Sumatera Barat yang dinyatakan positif COVID-19 pada Jumat (2/10/2020) bahkan dua orang diantaranya sempat pergi ke pasar sebelum melakukan tes usap dan satu orang menjaga anak Pjs Ibu Ketua TP. PKK Solsel. 

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman didampingi Kepala Seksi Survailens Mega Verta Christina, di Padang Aro, Jumat, mengatakan, empat orang yang dinyatakan positif yaitu ES (23) dan EAS (45) warga camp Blok E, BGE, FY(35) warga Bangun Rejo Kecamatan Sangir serta RW (24) warga Batang Bajawek Kecamatan KPGD. "FY dan RW dalam waktu satu minggu ini pernah kepasar untuk berbelanja," katanya. 

Dia mengatakan, untuk saat ini tracing dilakukan kepada yang kontak erat dulu yaitu yang di sekitar rumah pasien tersebut. 

Untuk ES dan EAS ada kontak dengan pasien positif sebelumnya sedangkan FY melakukan tindakan pengambilan tes usap di kantor bupati pada 28 september 2020 yang merupakan tracing kontak kasus konfirmasi 25 september 2020.

Untuk RW datang berobat ke Pustu Sungai Kalu pada 25 September dengan keluhan badan meriang dan indra penciuman tidak berfungsi. 

Kemudian RW berobat ke Puskesmas Sungai Kalu pada 26 September dan dilakukan pengmambilan tes usap. "Ke empat pasien ini tidak memiliki riwayat perjalanan keluar daerah," katanya. 

Hingga saat ini pasien positif COVID-19 Solok Selatan sebanyak 29 orang dan sudah dinyatakan sembuh 20 orang dan sembilan masih dirawat. 

Seorang warga bangun Rejo Isnarita yang merupakan tetangga FY mengatakan, petugas kesehatan sudah datang kerumah FY untuk mengambil sampel tes usap. 

"Anak FY yang berusia lima tahun tidak diambil sampel tes usapnya karena ia ketakutan saat petugas memakai APD datang," ujarnya. 

Saat ini katanya, FY beserta suami dan anak-anaknya masih melakukan isolasi mandiri dirumahnya. 

Dari informasi yang diperoleh dari Isnarita,  saat ibu Pjs. Ketua TP-PKK Solsel sedang rapat, beliu sempat menitipkan anak laki-lakinya yang berusia lebih kurang 10 di ruang kerja FY. 

Sementara itu,  staf di PKK Rita Anggraini menambahkan,  bahwa ibu dan anak serta bapak Pjs. Bupati Solsel saat ini sudah melakukan tes swab, guna mengantisipasi kemingkin terkonfirmasinya akibat anak belou sempat dijaga oleh FY, yang saat ini terkonfirmasi positif Covid-19.

Pagi Ini diperoleh informasi, kekuarga Pjs Bupati Solsel, Jasman Rizal telah keluar hasil swab-nya dan dinyatakan negatif.. (Af)

 
Top