Yulastri 

PADANG  - Dari dua usulan akreditasi perpustakaan yang di usulkan Pemkab. Solsel melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Solsel ke Perpustakaan Nasional, hanya satu yang memenuhi persyaratan akreditasi. 

Satu perpustakaan yang sudah terakreditasi di Solok Selatan tersebut adalam SMA Negeri 7 Solok Selatan di Abai Kecamatan Sangir Batang Hari. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Solsel,  Yulasri. M. Si  didampingi Kabid Perpustakaan Ahmad Jaya, S. E menjelaskan, dari dua yang melengkapi bahan perpustakaan untuk di akreditasi, hanya satu yang lolos oleh Perpusnas, yaitu perpustakaan SMA. Negeri 7 dengan Akreditasi B. 

Meski Solok Selatan baru tahun ini mengikuti penilaian akreditasi perpustakaan, kedepan capaian yang diraih sekolah paling ujung kabupaten tersebut diharapkan dapat diikuti oleh perpustakaan lainnya di Solok Selatan, " harap Yalasri. 

Meski saat ini dinas yang dipimpinnya masih banyak keterbatasan, namun pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong seluruh sekolah, lembaga lainnya untuk membenahi perpustakaan dalam rangka meningkatkan sarana  bacaan untuk referensi berbagai keperluan," tambah Yalasri. 

Sisi penting dari membudayakan perpustakaan didaerah ini, Yalasri sangat berharap kepada para pimpinan sekolah atau lembaga yang memiliki perpustakaan untuk dapat mendiklatkan pengelolah perpustakaan mereka. Sehingga akan lahir pengelolah perpustakaan yang profesional. 

Ditambahkan Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Solsel. Ahmad Jaya,  SE didampingi Kasi Layanan Pembinaan dan Pelestarian,  Reno Yuniwati, S.P, bahwa bersamaan dengan akan dibangunnya Perpustakaan Kabupaten  tahun 2021 melalui dukungan dana pusat, hendaknya dapat pula menjadi motivasi bagi pihak lain untuk membudayakan layanan perpustakaan yang lebih baik lagi di daerah ini. 

"Insya Allah tahun nanti Solsel akan memiliki Perpustakaan Kabupaten, maka bersamaan dengan itu,  tentu kita sangat perlu penyiapkan tenaga perpustakaan yang profesional, " harap Ahmad Jaya. 

Di tempat terpisah, Kepala SMA Negeri 7 Solsel lili Suryani, S. Pd menyatakan rasa terimakasihnya pada berbagai pihak yang sudah mensuport perpustakaan sekolah yang dipimpinnya hingga berhasil memperoleh Akreditasi B untuk perpustakaannya. 

"Sebagai sekolah yang sudah mengantongi akreditasi perpustakaannya, tentu akan menjadikan pihak pengelolah perpustakaan lebih kreatif lagi. Sehingga akreditasi B tahun ini dapat berubah ditahun-tahun berikutnya  menjadi terakreditasi A, " harap Lili. 

Ditambahkan Lili,  meski saat ini sekolah masih memiliki keterbatasan untuk mendukung keberadaan perpustakaan sekolah,  terutama untuk menunjang operasional tenaga pengelolah perpustakaan. Kedepan dirinya optimis perpustakaan sekolah yang dipimpinnya akan lebih baik lagi, " demikian Lili Suryani  mengatakan usai melakukan pertemuan dengan Pjs. Bupati Solsel di aula Sarantau Saaurambi,  Selasa (6/10). (Af)

 
Top