Faktual dan Berintegritas


PADANG, Swapena - Jika tidak ada aral melintang, Selasa (5/1) besok vaksin Corona, Sinovac tiba di Padang. Jumlahnya sebanyak 36.920 dosis.

“Vaksin sudah berangkat kemarin dari Biofarma dikirim ke Sumbar. Jumlahnya 36.920 dosis. Mudah-mudahan besok sudah sampai,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Arry Yuswandi dihubungi Senin (4/1).

Dikatakannya, Dinkes Sumbar masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pemberian vaksin tersebut. Setelah itu baru dilakukan tahapan selanjutnya.

“Tiba di Padang, vaksin itu nantinya disimpan dulu. Kita punya ruang pendingin. Sampai ada arahan dari pusat, kita simpan di gudang Dinkes, ada tiga ruangan kita siapkan untuk penyimpanan,” katanya.

Terpisah, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sumbar, dra. Linarni Djamil, Apt. M.Kes menjelaskan, vaksin sebanyak 36.920 dosis itu akan diberikan kepada nakes dan pendukung nakes pada Januari hingga April. Setelah itu vaksin berikutnya diperuntukan bagi pekerja yang melayani publik, seperti TNI, Polri, Kesbang Limnas dan lainnya. "Setelah izin penggunaan keluar dari BPOM RI, barulah vaksin diberikan pada nakes dan pendukung nakes yang sedang kami data," terang dia. (yk)

 
Top