PADANG, Swapena - Jika tidak ada aral melintang, hSelasa (5/1) besok vaksin Corona, Sinovac tiba di Padang. Sekaitan itu, sebanyak 36 ribu lebih warga Sumatera Barat segera divaksin, diutamakan tenaga kesehatan.

“Vaksin sudah berangkat kemarin dari Biofarma dikirim ke Sumbar. Jumlahnya 36.920 dosis. Mudah-mudahan besok sudah sampai,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Arry Yuswandi dihubungi Senin (4/1).

Dikatakannya, Dinkes Sumbar masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pemberian vaksin tersebut. Setelah itu baru dilakukan tahapan selanjutnya.

Pada tahap awal ini menurutnya, vaksin diberikan kepada seluruh tenaga kesehatan di Sumbar. Selain itu seluruh tenaga yang ada di fasilitas kesehatan seperti cleaning servis, dan petugas keamanan. Jumlah tersebut menurutnya diperkirakan cukup untuk tenaga kesehatan.

“Tiba di Padang, vaksin itu nantinya disimpan dulu. Kita punya ruang pendingin. Sampai ada arahan dari pusat, kita simpan di gudang Dinkes. Ada tiga ruangan kita siapkan untuk penyimpanan,” katanya.

Menurut dia, jumlah penerima vaksin tidak bisa dipastikan.  Alasannya masih ada petugas keamanan, brankasmen, dan cleaning servis yang belum terdata sebagai penerima vaksin. “Semua kan harus terdata, tetapi untuk data awal kita kirimkan 36.920 untuk tenaga kesehatan,” katanya.

Menurutnya pada tahap pertama ini vaksin hanya diberikan kepada tenaga kesehatan dan tenaga fasilitas kesehatan. Sementara untuk masyarakat secara umum akan diberikan pada tahun berikutnya. “Untuk masyarakat tahun berikutnya, mudah mudahan setelah nakes ini diberikan untuk masyarakat, ada tahapan sesuai ketersediaan vaksin secara nasional,” ujarnya. (ys)

 
Top