PADANG ARO, Swapena  -  Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama RI Tahun 2021 di Kabupaten Solok Selatan, merupakan momen yang sangat istimewa. Pasalnya saat itu, Kemenag Solsel berhasil menerima 5 sertifikat kepemilikan lahan. 

Lima sertifikat tersebut diserahkan lansung oleh Kepala BPN Solsel Rivaldi, S. SSIT, MM, didampingi Kasubag. TU Kemenag Solsel, Fitriyoni SH. MH kepada Kakan Kemenag Solsel, H. Syamsuir. S. Ag. M. Si, Kepala MIN 2 Solsel Eviliza, Kepala MIN 7 Solsel Tarmizi Kepala KUA Kecamatan SBJ Ali Mukmin dan Kepala KUA Kecamatan SBH M. Noor

"Ini sebuah berkah bagi keluarga Kemenag Solsel, serta momen yang sangat berharga disaat HAB  ke-75  Kemenag RI tahun ini, Kemenag menerima lima sertifikat lahan dari BPN, " kata Kakan Kemenag Solsel H. Syamsuir. S. Ag. M. Si 

Setidaknya lima sertifikat ini akan membawa dampak untuk persyaratan dalam pengusulan pembangunan dilingkungkan Kemenag Solsel yang akan di ajukan ke Pemerintah Pusat.  " kata Syamsuir. 

Ditambahkannya, diperolehnya sertifikat untuk  Kemenag Solsel pada tahun ini merupakan hasil dari dukungan dan kerjasama yang sangat tinggi nilainya dari berbagai pihak didaerah ini, terutama  dari BPN Solsel sendiri.

Tanpa dukungan dan kerjasama yang baik, sudah barang tentu sertifikat ini tidak akan bisa selesai dalam rentang waktu yang sangat singkat, " ungkap Syamsuir. 

Sebagai ungkapan terima kasih, oleh Kakan Kemenag Solsel, H. Syamsuir atas nama keluarga besar Kemenag Solsel mengganjar Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Solsel, Rivaldi dengan Piagam Penghargaan, karena dianggap sangat mendukung atas terselesaikannya 5 sertifikat yang diterima saat HAB  ke-75 Kemenag RI itu. 

Sementara upacara HAB ke-75  Kemenag RI di Kabupaten Solsel, bertindak sebagai inspektur upacara Ketua Pengadilan Agama Solsel yang diwakili Drs.  Nur Fadhil. Sedangkan komandan upacara dipercayai pada Dasril Yanto, SE dari MTs. Negeri 3 Solsel, dan pembacaan Doa oleh Hafiz Aulia Rahman, S. Ag, KUA Kecamatan Sungai Pagu.

Inspektur upacara Nur Fadhil, dikesempatan itu membacakan amanat Menteri Agama RI Yaqut Colil Qoumas, yang intinya diusia 75 tahun Kementerian Agama, sudah saatnya dapat  memaknai segala prestasi yang telah dicapai, dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang

Peringatan Hari amal Bakti tahun ini yang mengusung tema “Indonesia rukun” dapat juga diartikan sebagai tekad yang sejalan dengan semangat nasional dengan menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk lebih maju. Tanpa kerukunan, akan sulit untuk menggapai cita-cita besar bangsa bisa sejajar dengan bangsa lain di dunia," katanya. 

Saat upacara itu juga dilakukan  penyerahan Piagam Pengharagaan dan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI kepada ASN dilingkungan Kemenag Kabupaten Solsel yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus, dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian, sehingga dapat dijadikan tauladan bagi setiap pegawai lainnya.

Usai upacara juga dilakukan penyerahan sederetan piagam penghargaan, penyerahan piala dan piagam kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan  HAB ke-75 Tahun 2021. Serta adanya penyerahan  bantuan untuk tenaga honorer serta penyerahan bantuan kendaraan roda dua dari Kanwil Provinsi Sumbar untuk mendukung Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) ke Kasi PHU Kemenag Solsel,  Syaiful Anwar. 

Ketua Pelaksana HAB Kemenag RI Ke-75 Tingkat Kabupaten Solsel, Fitriyoni, SH. MH menjelaskan lebih rinci bahwa selain kebahagiaan  keluarga besar Kemenag Solsel saat ini mendapat 5 sertifikat dari BPN Solsel juga telah bisa menggelar upacara di area kantor sendiri. 

Bahkan dukungan dan kehadiran undangan dalam kegiatan kali ini dari berbagai Instansi Pemerintah dan pihak Perbangkan di daerah ini, juga sangat luar biasa.  Untuk penyelenggaraan kegiatan upacara ini kami mesti ketat dan tetap mengacu pada ketentuan protokol kesehatan, karena kita masih dalam kondisi pendemi covid, " katanya. 

Masih menurut Fitriyoni yang juga Kasubag TU Kantor Kemenag Solsel, sederetan kegiatan yang dilakukab usai upacara dilakukan penyerahan penghargaan kepada Satker (Satuan Kerja) dan Unit tercepat dalam pelaporan LKH setiap minggu tahun 2020 lalu pada, MIN 1 Solsel, MIN 5 Solsel dan KUA Kecamatan Sangir. 

Sementara penghargaan untuk Satker tertinggi atas serapan anggaran 2020 diraih MTsN 5 Solsel, MTsN 1 Solsel dan MTsN 3 Solsel. Sedangkan piagam penghargaan atas Laporan BOP terbaik untuk KUA diraih KUA Kecamatan KPGD. 

Adapun penghargaan untuk satker tercepat dan terpatuh dalam setoran zakat diperoleh MTsN. 2, MTsN. 4 dan MTsN. 1," jelas Fitriyoni. 

Diakhir acara, digelar penyerahan piala dan piagam kepada peraih prestasi pertandingan berbagai cabang olahraga, lomba Mars Penyuluh Agama Islam non PNS,  lomba Kolase antar Raudatul Athfal dan lomba kaligrafi antar MDTA/TPQ se-Solsel dalam rangka semarak HAB Ke-75 Kemenag RI Tahun 2021 di Solsel. 

Bahkan lomba kreasi guru untuk membuat vidio Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) guna mendukung pelaksanaan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) jarak jauh untuk menyikapi dibatasinya PBM tatap muka akibat pendemi Covid, juga di gelar oleh Panitia HAB Ke-75 Kemenag RI Tingkat Kabupaten Solsel. 

Berikut peraih juara lomba pembuatan vidio pembelajaran Jarak Jauh antar,  sesuai tingkatan madrasah. Tingkat  MA, juara 1, Uswatun Hasanah, S. Ag (MAN 1 Solsel) juara 2, Robi Masdar, S. Pd (MAN 2 Solsel)  dan juara 3, Nurhadi Ahmad, S. Pd. I (MAN 1 Solsel). 

Untuk tingkatan MTs.  juara 1, Deswarni (MTsN. 6), juara 2, Dasril Yanto, S.E (MTsN. 3) dan juara 3, Hasni Novendri, S. Pd (MTsN. 2). Sedangkan tingkat MI, juara 1, Rika Marseviana, S. Pd (MIS Liki),  juara 2 ,Riska Pina Yunita (MIN 2) dan juara 3, Ade Hawari, S. Pd. (MIN 1).

Pemenang Video PJJ kategori guru PAI sekolah umum Se-Solsel, juara 1, Rahmawati Saputri (SDN. 28 Rawang), juara 2 Sri Suci (SDN. 5 Pasar Muara Labuh)  dan juara 3 Jasrianto (SDN 17 Sungai Cangkar). (Af.)

 
Top