PAINAN, Swapena -- Walinagari Batu Hampa, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Rino Rahma Putra, S.Psi., mengatakan, memasuki tahun 2021 akan meningkatkan pendapatan nagari melalui pengembangan BUMNag.

"Tak ada jalan lain, nagari mesti berbenah, ekonomi perlu digerakkan dengan baik, " ujarnya mengawali perbincangan saat menjamu rombongan Kadis DPMDPPKB Pesisir Selatan, Wendi, S.H., M.Hum., Kamis, (7/1) di kantor walinagari setempat

Rino RP mengungkapkan ada beberapa skema usaha yang akan diluncurkan, yang intinya akan mengerakan ekonomi masyarakat dan Nagari.

"Potensi pertanian cukup menjanjikan, kami akan fokus pada pangan dan varian yang juga akan menggerakan sektor peternakan" ujar Alumnus UIN Ciputat itu.

Kepada media, ia belum mau mengungkapkan secara spesifik terkait jenis usaha yang akan dikembangkan.

"Tunggu saja saat peluncuran" ujarnya saat didesak bidang usaha yang akan dikembangkan.

Yang pasti menurutnya, sesuai dengan Permendesa, PDTT Nomor 13 Tahun 2020 mengenai prioritas anggaran DD salah satunya pengembangan ekonomi.

"Kami melihat ini kesempatan besar bagi pengembangan BUMNag, yang memang sudah eksis di Nagari" paparnya.

Sementara itu, Kadis PMDPPKB, Wendi, menyambut baik langkah-langkah yang sudah dan akan diambil Pemerintahan Nagari Batu Hampa.

"Dari penjelasan Walinagari tentu ini langkah baik, dan ini yg diharapkan" ujar Mantan Kabag Humas Setda itu didampingi oleh Ali Budiman, S.H., dan Abdul Hamid, S.P.

Nagari Batu Hampa memiliki 2 kampung dan 430 kk. Tahun 2020 Nagari sudah memanfaatkan DD untuk berbagai kewenangan skala nagari. Salah satunya pembangunan gudang pangan. (rn)

 
Top