LUBUK BASUNG, Swapena - Hujan lebat di sebagian kawasan Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengakibatkan terjadinya tanah longsor di jalan provinsi Lubuk Basung - Maninjau, tepatnya di Ngungun, Nagari Persiapan Dalko, Kecamatan Tanjung Raya, Jumat (8/1). Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.45 WIB. Akses jalan tertutup matreial longsor.

Kalaksa BPBD Agam Mhd. Lutfi. AR, SH.,M.Si yang dihubungi menyebutkan, tanah longsor di Ngungun Jorong Lubuk Sao, Nagari Persiapan Dalko, Kecamatan Tanjung Raya itu terjadi saat hujan turun secara tiba-tiba. Material tanah dan kayu setinggi lebih 2 meter menutupi jalan sepanjang 20 meter, sehingga jalur Lubuk Basung Maninjau tertutup total.

Material longsor menghantam 1 unit kedai milik M.Yani (52) dengan kondisi rusak ringan. Kemudian juga menimpa 2 unit sepeda motor pemilik kedai dan terjebaknya 1 unit Mobil Avanza atas nama pemilik M Yani.

Saat berita ini ditulis, tim gabungan di bawah koordinator BPBD, TNI-Polri, PMI, Satpol PP dan Damkar serta unsur kecamatan dan nagari tengah berada di lokasi kejadian sekaligus melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak longsor dimaksud.

“Material longsor yang cukup tinggi diperlukan alat berat agar pembersihan segera dan cepat selesai,” ujar Camat Tanjung Raya Handria Asmi yang juga telah berada di lokasi kejadian. (mw).

 
Top