PAINAN, Swapena -- Walinagari Gunuang Bungkuak Lumpo, Doni Iskandar, optimis nagarinya akan berkembang seiring pesatnya pertumbuhan BUMNag di Nagari tersebut.

Hal itu dikatakan saat menerima kunjungan  rombongan Dinas PMDPPKB Kab. Pesisir Selatan, Senin, 4/1, di Kantor Walinagari.  "Kami terus berinovasi, agar potensi yang ada tergarap optimal" tuturnya membuka kata.

Walinagari yang berencana mengakhiri masa lajangnya di awal tahun ini mengaku terpacu untuk terus berinovasi.  "Potensi yang ada dengan kebersamaan kami garap, BUMNag sudah menggeliat" jelasnya, yang diamini oleh segenap perangkat.

Salah satu potensi yang sudah berjalan terkait dengan kemudahan pembayaran menggunakan aplikasi online. "Kita sudah kembangkan kerjasama pembayaran dengan BRILink untuk banyak jenis pembayaran" tukuknya.

Sementara itu, ia juga berencana bersama-sama BUMNag mengembangkan peternakan kambing diareal seluas 1,5 ha. "Kita sudah siapkan lahan, dan nanti akan dikelola BUMNag" paparnya.

Disamping itu potensi perikanan darat juga tengah dilirik, karena banyak kolam penduduk yang tak berfungsi. "Masyarakat diminta untuk membersihkan kolam dan bibit akan kita bantu" ujarnya.

Saat tim yang dipimpin Kadis PMDPPKB, Wendi, didampingi Ali Budiman, Kasi Ekonomi dan SDA dan Ismandri, Kasubag Umum dan Kepegawaian DPMDPPKB itu mengaku tertarik dengan gebrakan Nagari Gunuang Bungkuak.

"Kami apresiasi setiap gebrakan nagari yang positif, seperti Gunuang Bungkuak ini" ujar Ali Budiman.

Ali Budiman mengakui bahwa sudah saatnya mindset pengelolaan BUMNag betul-betul untuk mengelola potensi produktif. "Maka perlu pemetaan, mulai dari awal hingga akhirnya bisa diatur dengan baik" jelasnya.

Nagari Gunuang Bungkuak berada di Kecamatan IV Jurai, punya 2 kampung dan memiliki 225 KK. Topografi daerah yang berada diperbukitan dan memiliki sumber air bersih menjadi potenai perikanan darat yang menjanjikan. (rls)

 
Top