Faktual dan Berintegritas


SAWAHLUNTO - Jalur rel kereta api Sawahlunto-Padang Panjang akan diperbaiki. Perbaikannya dimaksudnya agar Lokomtif Uap Mak Itam bisa beroperasi sebagai transportasi wisata. 

"Perbaikan jalur rel kereta api ini, menjadi rencana kita menghubungkan dua kota, Sawahlunto dan Padang Panjang yang punya potensi wisata," kata Sekretaris Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulmaefendidi Sawahlunto, Sabtu (30/1).

Dikatakannya, rel kereta api yang sudah ada saat ini akan diperbaiki secara bertahap. Tahap pertama ruas rel Sawahlunto- Muaro Kalaban. Kemudian, Muaro Kalaban-Solok. Selanjutnya Solok-Batutaba dan Batutaba-Padang Panjang. 

Ia sudah melihat kondisi jalur rel kereta api dan stasiun di Sawahlunto serta di Muaro Kalaban yang akan diperbaiki. Selain melihat terowongan kereta api menghubungkan Sawahlunto-Muarao Kalaban. 

"Semua ini kita lakukan dalam upaya menghidupkan kembali perkeretaapian di Sawahlunto. Semangat yang tumbuh di Pemko Sawahlunto memberikan dukungan besar bagi Kementerian Perhubungan," tutur Zulmaefendi.(ams/sgl)


 
Top