PAINAN -  Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Tunai dari Kementerian Sosial RI (Kemensos) oleh PT Pos di Kecamatan Ranah Pesisir, Minggu (17/5) berlangsung lancar.

Penyaluran Bansos Tunai di Kecamatan Ranah Pesisir, merupakan hari kedua penyaluran di Pesisir Selatan, sebelumnya Sabtu (16/5) dilakukan di Kecamatan  IV Nagari Bayang Utara.

"Alhamdulillah penyaluran Bansos Tunai berjalan lancar," kata Kepala PT Pos Painan, Bakhrul Husni.

Dikatakan, untuk Kecamatan Ranah Pesisir PT. Pos menyalurkan Bansos Tunai sebanyak 1459 Kepala Keluarga (KK) untuk 10 nagari.

Sementara itu, Camat Ranah Pesisir, Zul Arzil menyebutkan, penyaluran Bansos Tunai di Ranah Pesisir dilakukan dengan membuka tiga loket pembayaran. Ketiga tersebut, satu di dalam kantor camat, loket kedua dibuka di gedung UDKP serta yang ketiga di kantor Pos Balai Selasa.

Hadir penyaluran dana Bansos Tunai tersebut, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Zulfian Aprianto, Camat Ranah Pesisir, Zul Arzil, serta anggota Forkopimcam.

Sebagaimana diketahui dimulainya penyaluran Bansos Tunai Kemensos RI di Pesisir Selatan, ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Hendrajoni, kepada dua orang perwakilan masyarakat  Nagari Koto Ranah,  yaitu Asniati, 68th dan Darna 65th, di UDKP Kantor Camat Ampek Nagari Bayang Utara, Sabtu (16/5).

Sementara Kepala Dinas Sosial PP dan PA Zulfian Aprianto,  menjelaskan, Pesisir Selatan, mendapat kuota Bansos Tunai dari Kemensos RI sebanyak 20.830 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 15 kecamatan. 

"Masing masing KK menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu per-bulan, bantuan tersebut akan berlangsung selama tiga bulan," katanya.

Untuk penyaluran Bansos kepada masyarakat, lanjutnya Zulfian,  Kemensos bekerja sama dengan tiga lembaga, yaitu PT Pos, BRI dan BNI. Untuk saat ini penyaluran baru dilakukan oleh PT. Pos. Dengan demikian penyaluran Bansos kepada 20830 KK tersebut dilakukan oleh ketiga lembaga tersebut. 

Sebagaimana diketahui selain Bansos Tunai dari Kemensos Pesisir Selatan, juga mendapat  BLT dari Provinsi Sumatera Barat, untuk 11.337 KK dan BLT Kabupaten Pesisir Selatan, untuk 16.000 KK dan BLT Dana Desa sebanyak 28 ribu KK. (rn)
 
Top