PADANG - Seorang warga Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok positif tertular virus corona Covid-19. Puluhan tenaga kesehatan di RSUD Arosuka tempat pasien  dirawat harus menjalani isolasi. Akibatnya, RSUD itu ditutup untuk sementara.

Bupati Solok, H. Gusmal meminta seluruh orang yang pernah kontak dengan pasien yang sudah meninggal dunia itu agar melakukan isolasi, baik yang pernah membesuk ketika sakit maupun yang terlibat penyelenggaraan jenazah. Itu adalah demi keselamatan bersama.

"Sesuai protokol Covid-19 setiap orang yang kontak langsung dengan orang yang terpapar positif Covid-19 harus dilakukan tracking dan di-swab dalam rangka menjaga keamanan diri nya serta wajib melakukan isolasi baik secara mandiri atau dikarantina di suatu tempat selama 14 hari," kata bupati kepada swapena.com, Sabtu (16/5).

Lebih dari itu, masyarakat diminta tenang dengan  tetap mematuhi arahan pemerintah. "Karena itu saya minta kepada semua masyarakat yang harus mengikuti itu (isolasi) agar tetap tenang dan tidak panik. Pemerintah akan selalu menjaga dan memonitor kesehatanya setiap saat serta harus menjaga gizi makanannya agat tetap kuat dan cukup," lanjut Gusmal.

Kepada keluarga yang ada, ia mengimbau agar tetap memonitor perkembangan kesehatan anggota keluaganya yang tengah menjalani isolasi setiap saat dan mensupport yang bersangkutan dengan makanan yang bergizi dalam rangka memperkuat daya tahan tubuh mereka. "Selebihnya kita serahkan kepada Allah yang Maha Kuasa," lanjut Gusmal.

Kemudian ia berharap semua masyarakat tetap dalam koridor aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). "Saya meminta agar seluruh masyarakat mengikuti anjuran dan arahan pemerintah karena Sumatera Barat sedang dalam masa pelaksanaan  PSBB," tutup bupati. (sp)
 
Top