PADANG - Masyarakat Sumatera Barat yang terpapar virus corona Covid-19 sudah lebih 400 orang. Sejak kemarin terjadi tambahan sebanyak  12 orang.

"Pada hari ini Minggu, 17 Mei 2020, dari 874 sampel swab yang diperiksa oleh tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukitinggi di bawah  pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M Sc yang bekerja 22 jam sejak kemarin sampai subuh dini hari tadi, terkonfirmasi warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 12 orang lagi," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal.

Dengan adanya pertambahan sebanyak itu, hingga pagi ini sudah 408 orang yang terpapar corona Covid-19. "Sehingga total warga Sumbar terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 sampai hari ini Minggu, 17 Mei 2020 pukul 09.00 WIB, adalah 408 orang," kata dia.

Jasman merinci pertambahan 12  orang itu berasal dari Kota Padang sebanyak 11  orang, yang masih didominasi dari cluster Pasar Raya. Kemudian dari  Kabupaten Limapuluh  Kota 1 orang.

Dijelaskan, warga Limapuluh Kota yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut adalah pria usia 52 tahun. "Sample swab yang bersangkutan dikirim oleh RS Adnan WD Kota Payakumbuh. Berdasarkan hasil tracing dari riwayat kontak dengan pasien positif pertama di Kota Payakumbuh. Namun berdasarkan KTP dan tempat tinggal, yang bersangkutan adalah warga Taeh Baruah, Koto Kaciak, Kecamatan Payakumbuh, Kelahiran Simalanggang," kata Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar ini. (sp)
 
Top