PADANG - Jumlah penduduk Sumatera Barat yang dinyatakan positif terus mengalami kenaikan. Dalam 24 jam terakhir terdapat tambah 13 orang da  Kota Padang masih 'penyumbang'  terbanyak.

"Total sampai hari ini telah 299 orang warga Sumbar terinfeksi Covid-19. Terjadi penambahan 13 orang lagi. Sembuh bertambah 2 orang, sehingga total sembuh 56 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas  Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal, Minggu (10/5)

Ia mengklarifikasi data pasien Kota Payakumbuh dengan data pasien Kabupaten Limapuluh Kota. Sebelumnya ada warga Kabupaten Limapuluh Kota atas nama inisial Idr (28) tahun warga Tanjuang Jati, Kecamatan Guguak yang sekarang isolasi di BPSDM Provinsi Sumbar dan Amn (68) tahun tukang ojek warga Batang Tabik yang sekarang dirawat di RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi, masuk dalam data pasien Kota Payakumbuh. Namun berdasarkan hasil konfirmasi, klarifikasi dan investigasi tim Gugus Tugas Provinsi, dinyatakan bahwa mereka berdua adalah warga Kabupaten Limapuluh  Kota dan dengan demikian harus terdaftar atas nama pasien Kabupaten Limapuluh  Kota.

"Artinya, Kota Payakumbuh yang semula warganya tercatat 13 orang positif covid-19, dengan demikian menjadi 11 orang dan otomatis Kabupaten Limapuluh  Kota bertambah catatan warganya terkonfirmasi 2 orang lagi. Jika kemarin  hanya 1 orang, ditambah hari ini 2 orang dan hasil pengurangan kota Payakumbuh 2 orang, maka total sampai hari ini warga Kabupate Limapuluh Kota  telah positif terinfeksi Covid-19 adalah 5 orang," kata Jasman.

Ia menyebutkan bahwa itu hanyalah masalah administrasi saja untuk memudahkan tracing riwayat kontak yang bersangkutan. (sp)
 
Top