Para peserta pelatihan foto bersama. (ist). 

LIMAPULUH KOTA - Pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari dana desa segera akan dimulai di seluruh provinsi Sumatera Barat termasuk kabupaten Lima Puluh Kota ditahun ini.

Untuk maksimalnya kegiatan di lapangan, maka proses pelaksanaan kegiatan dengan pola pebdampingan dikuatkan dengan melatih 26 Pendamping Lokal Desa atau PLD di luhak bungsu ini.

Pelatihan dilaksanakan di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari kabupaten Lima Puluh Kota pada tanggal 26 dan 27 Februari 2020 kemaren.

Peserta sangat antusias mengikuti materi pelatihan yang digawangi empat orang tenaga ahli senior, sejak materi awal sampai selesai, diantara tenaga ahli yang terlibat langsung dalam pelatihan tahun ini yaitu M. Iqbal tenaga ahli ekonomi, Atyumaini tenaga ahli Teknologi Tepat Guna, Masjoni tenaga ahli Perencanaan Partisipatif dan Ade Mairawati tenaga Ahli Infrastruktur Desa.

Pelatihan yang disupervisi langsung oleh Konsultan Pendamping Wilayah Sumatera Barat Khairul Anwar menyampaikan, kegiatan pelatihan ini sangat penting untuk penguatan dan peningkatan kemampuan pendampingan oleh PLD dilapangan

Mata latih yang disampaikan antara lain tentang perencanaan desa, kewirausahaan bisnis dan sosial, kerja sama tim serta materi penting lainnya yang sangat berguna bagi PLD untuk mendampingi nagari secara teknis ditahun 2020 tegas konsultan yang akrab dipanggil Tan Rajo ini. (rl)
 
Top