Dengan menggunakan alat berat, peremajaan sawit dimulai. (ist). 

SILAUT -  Seluas 358 Ha tanaman sawit di Kecamatan Silaut dan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan,  segera diremajakan dengan memanfaatkan bantuan Dana Peremajaan Sawit Rakyat dari Badan Peremajaan Kelapa Sawit (BDPKS) Kementerian Keuangan RI.

"Alhamdulillah Pessel dana dari BDPKS sebesar Rp 8,95 milyar," kata H. Hendrajoni usai  Launching Tumbang Chipping Program Kelapa Sawit Rakyat di Nagari Lubuk Bunta Kecamatan Silaut, Selasa (18/02).

Bantuan BDPKS akan dimanfaatkan oleh tiga  kelompok usaha bersama ( KUBE) , yaitu KUBE Bina Usaha Mandiri Nagari Lunang Duai Kecamatan Lunang ada 104 Ha, KSU Langgeng Jaya Sejahtera, KSU Langgeng Jaya Sejahtera Nagari Sungai Pulai, 107 Ha, dan Kelompok Tani Karya Bersama Nagari Lubuk Bunta 147 Ha di Kecamatan Silaut.

Menurut Bupati Hendrajoni, sektor pertanian merupakan salah satu sektor unggulan dan menjadi salah satu prioritas pembangunan di Pesisir Selatan.

Usaha peremajaan sawit oleh kelompok, kata bupati merupakan salah satu upaya untuk mengimplementasikan pembangunan di sektor pertanian.

Untuk itu diharapkan, agar seluruh bantuan ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan produksi pertanian, khususnya perkebunan.

"Kita ingin seluruh masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan, mulai dari Koto XI Tarusan hingga Silaut," kata Bupati.

Lebih lanjut Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan, Ir. Nuzirwan, M.T.  mengatakan, lahan yang diremajakan ini sudah diusulkan tumpang sari komoditi jagung.

Dikatakan, untuk mendukung kemajuan dan menjembatani hubungan antara petani kelapa sawit dengan pihak pabrik, bupati telah melantik kepengurusan DPD APKASINDO Kabupaten Pesisir Selatan.

" Mudah mudahan asosiasi ini dapat berperan aktif membina kemitraan dengan perusahaan kelapa sawit," kata  Nuzirwan.

Hadir bersama bupati dalam kesempatan itu, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Perwakilan BDPKS dan Kementerian Keuangan RI, Anggota DPRD Kab. Pesisir Selatan Dapil V, Kepala DPP APKASINDO dan tokoh masyarakat Kecamatan Silaut. (rn)
 
Top