JAKARTA - Forum Kordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Sumatera Barat periode 2020-2022, Senin (17/2) malam dilantik oleh Kepala BNPT Komjen Pol. Suhardi Alius, MH di Mercure Hotel, Ancol Jakarta. Pada saat yang bersamaan, 31 FKPT lain di Indonesia juga ikut dilantik.

FKPT Provinsi Sumbar adalah DR. Zaim Rais, MA (Ketua), HA. Arslan, S.Sos., M.Hum (Sekretaris), Ayu Rustriana Rusli, S.Ag (Bendahara), H. Heranof Firdaus, S.Sos (Kabid Media Massa, Humas dan Hukum), Adil Mubarak, S.IP.,M.Si (Kabid Agama, Sosial dan Budaya), Nini Arlin, S.Sos.,MH (Kabid Perempuan dan Anak), Marta Suhendra, S.Pdi.,M.Pd (Kabid Pemuda dan Pendidikan) dan Charles Simabura, SH.,MH (Kabid Pengkajian dan Penelitian).

Komjen Pol Suhardi Alius, MH menyampaikan pesannya agar FKPT di semua provinsi bersinergi dengan Pemda, tokoh masyarakat, Ormas dan media massa, dengan tetap mengedepankan keluhuran kearifan lokal.

Menurut Suhardi Alius, tujuan dibentuknya FKPT adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan ancaman paham radikalisme dan terorisme. Karena itu, unsur pencegahan lebih utama. "Sebagai kewaspadaan, maka Ketua RT dan RW aktif melaksanakan  ketentuan wajib lapor 1x24 jam bagi tamu dan pendatang, sehingga menutup ruang bagi penyebar paham radikalisme dan terorisme," kata Suhardi Alius, jenderal polisi yang urang awak itu.

Dari hasil penelitian BNPT tahun 2019, disebutkan lima daerah kategori paling rawan radikalisme yaitu Aceh, Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat dan Jawa Timur. Bahkan dari analisis yang ada, tantangan ancaman paham radikalisme dan terorisme ke depan itu tidak ringan, tetapi justru berat.

Sementara Sekjen Kemendagri, DR. Hadi Prabowo, MM dalam kesempatan itu memaparkan sejumlah langkah yang sudah dilakukan dan regulasi yang dikeluarkan Kemendagri, kepada Gubernur dan Pemda, sehubungan dengan pencegahan paham radikalisme dan terorisme.

Kabid Media Massa, Humas dan Hukum FKPT Sumbar H. Heranof Firdaus, S.Sos mengatakan, pelantikan FKPT dilakukan bersamaan dengan pembukaan Rakernas VII FKPT, 17-20 Februari 2020. "Ibaratnya kami ini begitu selesai dilantik, langsung tancap gas dengan langsung bekerja," kata Heranof Firdaus, yang sehari-hari adalah Ketua PWI Sumbar. (rl)
 
Top