PAINAN - Pembangunan embung di Tanah Kareh Nagari Koto Nan Tigo, Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel),  Sumatera Barat, selesai dikerjakan.

"Embung  Tanah Kareh akan  mengairi sawah masyarakat seluas 200 Ha, " kata  Camat Batang Kapas, Wendra Rovikto Kamis (6/2).

Dikatakan, masyarakat Kampung Kalumpang, Koto Baru dan Tanah Kareh menyambut gembira, atas selesainya pembangunan embung di nagari mereka.

Kegembiraan tersebut, kata camat, bukan tanpa alasan, sebab selama ini lahan pertanian mereka tadah hujan, tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Sebagaimana disampaikan, salah seorang petani setempat, Aliman, bahwa sebelumnnya  mereka hanya bisa turun ke sawah pada musim hujan, karena tidak ada irigasi.

"Alhamdulillah dengan adanya embung Tanah Kareh ini sawah kami bisa dialiri air, " kata Aliman.

Sementara itu, Kepala PSDA melalui Kepala Bidang Bina Teknik dan Konservasi, Niko Demos El Tias mengatakan, pembangunan embung Tanah Kareh menghabiskan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar yang  berasal dari APBN tahun 2019.

Dikatakan, untuk lebih memaksimalkan fungsi embung tersebut, tahun ini akan dilanjutkan dengan pembangunan jaringan irigasi dengan memanfaatkan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 300 juta.

"Diharapkan pembangunan jaringan irigasi dapat meningkatkan fungsi embung tersebut, " katanya. (rn)
 
Top