PAINAN - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Painan, Sumatera Barat mulai Senin (3/2) resmi menjadi sekolah ramah anak.

Deklarasi sebagai sekolah ramah anak itu dihadiri Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, usai menjadi pembina di sekolah tersebut. Prosesi deklarasi sekolah layak anak diawali dengan pembacaan naskah deklarasi sekolah ramah anak oleh salah seorang guru dan diikuti oleh seluruh siswa.

Usai pembacaan deklarasi dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi oleh kepala sekolah, Syamsul Mardan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Suhendri, Kepada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Zulpian Apriyanto, kemudian diikuti seluruh majelis guru dan terakhir diketahui oleh Bupati Hendrajoni.

"Dengan predikat sekolah ramah anak, diharapkan dapat mendorong sekolah untuk pemenuhan dan menghargai hak anak di sekolah," kata bupati.

Dikatakan, pemenuhan  dan perlindungan hak anak mulai perencanaan, kebijakan pembelajaran dan pembinaan. Jika sekolah sudah ramah anak niscaya siswa akan betah berada di sekolah meskipun dalam rentang waktu yang sama.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Kabupaten Pesisir Selatan,  Zulpian Aprianto, mengemukakan, saat ini sudah 66 sekolah yang mendeklarasikan diri sebagai sekolah ramah anak.

Ke-66 sekolah telah mendeklarasikan sekolah ramah anak, adalah tujuh sekolah SLTA, satu SMKN, dua Madrasah Aliyah (MA), 12 SLTP, tujuh MTsN  dan 37 SD. (rn)
 
Top