PADANG - Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol. Toni Harmanto, menyerahkan piagam penghargaan kepada personel yang berprestasi, Senin (17/2). Dia adalah, AKBP Dony Setiawan, S.Ik, Kompol Yusep Dwi Prasetya, S.Ik dan AKBP Cepi Noval, S.Ik.

Ketiganya mendapat penghargaan pin emas, perak, dan perunggu yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor : Kep/1764/IX/2019 tanggal 26 September 2019 yang ketika itu dijabat Jenderal Tito Karnavian. Penyematan pin emas dilakukan oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, selesai upacara bendera bulanan Polda Sumbar, di halaman Mapolda.

Ketiga perwira itu terpilihnya sebagai juara di tingkat Polda dalam pemilihan Polisi Teladan / Role Model, sebagai penggerak revolusi mental dan pendorong tertib sosial di ruang publik. AKBP Dony Setiawan terima penghargaan pin emas sewaktu dirinya menjabat sebagai Kapolres Solok Kota, Kompol Yusep menerima pin perak sewaktu Kasubbagselek Bagdalpers Rosdam Polda Sumbar, dan AKBP Cepi Noval menerima pin perunggu sewaktu menjabat Kapolres Padang Panjang.

Kemudian, penghargaan dari Kapolda Sumbar kepada Kompol Rico Fernanda (Kapolsek Pauh Polresta Padang) bersama 8 personel lainnya mendapatkan penghargaan di bidang operasional atas ungkap pelaku kasus penipuan mengaku sebagai anggota Polri berpangkat Brigjen yang bertugas di Propam Mabes Polri.

Selanjutnya, AKP Gusdi (Panit 2 Unit 2 Subdit 3 Ditreskrimum Polda Sumbar) bersama 17 orang lainnya mendapatkan penghargaan bidang operasional terhadap penangkapan pelaku tindak pidana penganiayaan dengan menggunakan senjata api. Kemudian, Pembina I Joni R, (Kasubbid PID Bidhumas Polda Sumbar) diberikan penghargaan bidang sosial budaya khususnya dalam hal dakwah agama Islam di lingkungan Polda Sumbar.

Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto menuturkan, pemberian penghargaan yang diserahkan oleh Kapolri dan Polda Sumbar ini merupakan komitmen dari pimpinan Polri. "Khususnya dari kami jajaran Pejabat Utama Polda Sumbar terus komit. Di samping memberikan punishmen (hukuman), dan kita komit memberikan reward penghargaan kepada anggota kita," ujarnya usai memberikan penghargaan.

Kapolda menerangkan, akan terus memberikan semangat kepada anggota yang lainnya untuk meningkatkan prestasinya. "Sambil mengingatkan kepada anggota yang lain kalau ada yang melanggar ini loh ada hukumannya. Sedang untuk reward nya sendiri kan bervariasi," jelasnya. (gp)
 
Top