PAINAN - Bupati Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, Hendrajoni, mengemukakan, tahun ini daerahnya mendapat dana Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) Rp53 milyar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Dana ini akan dimanfaatkan untuk membangun ruas jalan Muara Air - Alahan Panjang, Jalan Panasahan dan Jalan Mandeh," kata Bupati Hendrajoni, usai membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Bayang, Kamis (19/2).

Dikatakan, pembangunan jalan Muaro Aia - Alahan Panjang , sepanjang 46 KM  akan menghubungkan  Pesisir Selatan dengan Kabupaten Solok.

"Kita harapkan pembangunan jalan tersebut dapat diselesaikan dalam tahun ini," kata bupati.

Menurut bupati, Jalan Bayang Alahan Panjang sudah lama menjadi harapan masyarakat, karena selain dapat sebagai jalan alternatif juga mampu meningkatkan perekonomian kedua daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR, Era  Sukma Munaf, menambahkan,  dari Rp 53 milyar dana tersebut Rp 48 milyar akan dimanfaatkan untuk pembangunan jalan Muara Aia- Alahan Panjang, sisa Rp 5 milyar dimanfaatkan untuk pemeliharan jalan Mandeh dan jalan pelabuhan penasahan.

" Proyek tersebut kini sedang dalam propses lelang pihak PU provinsi," kata Era.

Dalam.kesempatan itu, Bupati Hendrajoni, juga mengemukakan, sekitar Rp 11 Milyar dana pembangunan tahun 2020  di alokasi di Kecamatan Bayang.

"Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk  membangun sejumlah infrastruktur yang ada di Kecamatan Bayang," kata bupati.

Sebutkan beberapa sarana yang dibangun di  Kecamatan Bayang antara lain, Irigasi Lubuk Aur, Puskesmas Pasar Baru, Puskesmas Koto Berapak, serta beberapa proyek pembangunan lainnya.

Nagari ODF
Selain itu, serangkaian acara Musrembang di Kecamatan Bayang,  Bupati Hendrajoni, menyerahkan piagam deklarasi open defecation free ( IDF) atau bebas dari buang air besar sembarangan kepada tiga walinagari di Kecamatan Bayang.

Ketiga walinagari yang menerima penghargaan deklarasi ODF sebagai berikut Walinagari  Sawah Laweh, Nasri A,  Walinagari Tanjung Durian , Edison dan Walinagari Gurun Panjang Selatan, Yusrizal. (rn)
 
Top