Jarum jam telah menunjukkan pukul 17.30, Rabu (5/2). Kemacetan parah terjadi pada tiga arah, di Jalan Proklamasi, Padang, Sumatera Barat.

Kendaraan bermotor yang datang dari arah Barat atau dari Pasar Raya sudah 'memakan' jalur Dari arah berlawanan. Sementara puluhan kendaraan lain  juga nongol dari arah Sawahan.

Kendaraan yang datang dari arah Timur atau dari arah Ganting pun tak mau kalah. Belum lagi yang keluar dan masuk Rumah Sakit Citra BMC. Suasana benar-benar  basalingkik. Masing-masing ingin duluan.

Kondisi itu kadang diwarnai gerutu, umpatan  bahkan mungkin carut dari pengendara kendaraan bermotor. Sebab di antara mereka ada yang telah letih dalam beraktivitas sejak pagi.

Begitulah, para pengguna jalan seperti tergesa semua. Tak ada yang mau bersabar. Akibatnya macet dalam waktu lama tak terhindarkan.

Dalam kondisi terkunci begitu, tak ada petugas dari kepolisian. Untung saja saat bersamaan, ada seorang laki-laki paruh baya yang secara suka rela mengatur lalu lintas. Laki-laki bergamis dan berpeci putih itu dengan tangannya mencoba melakukan stop-jalan terhadap kendaraan dari tiga arah tersebut.

Cukup kewalahan juga laki-laki itu terlihat. Meski demikian, satu persatu kendaraan bisa dialirkan.

Melihat laki-laki bergamis itu kewalahan, seorang security  turun tangan pula. Maka tambah lancarlah lalu lintas menjelang senja kemarin. (espe)
 
Top