BATUSANGKAR – Sesosok bayi mungil ditemukan di dekat jembatan Baburai, Tanjung Alam, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (26/2). Bayi laki-laki tersebut ditemukan di depan salah satu warung.

Menurut pengakuan warga setempat, di lokasi tersebut sudah sering terjadi penemuan  bayi. Bahkan walinagari setempat mengakui sudah ada empat kali kasus serupa.

Penemuan bayi laki-laki sekitar pukul 06.00 pagi tadi cukup menggemparkan masyarakat. Bayi tersebut ditemukan dalam kardus terbungkus selimut. Di samping bayi juga ada susu dan botol susu. Diduga bayi tersebut sengaja dibuang orangtuanya.

“Warga menemukan bayi dalam dus yang diletakan pada salah satu kursi di warung tidak jauh dari jembatan Baburai Tanjung Alam,” Kata Walinagari Tanjung Alam  Muhammad Zen Datuak Ansalam B. Nan Mudo siang tadi sebagaimana dikutip bakaba.net.

Keterangan saksi yang menempati warung tersebut kepada walinagari, awalnya ia mendengar suara tangisan bayi. Karena penasaran  ia mencari sumber suara itu dan   alangkah kagetnya ia melihat bayi yang diduga baru dilahirkan tergeletak dalam kardus di depan warungnya. Dalam beberapa saat, lokasi itu ramai oleh masyarakat yang ingin melihat bayi tersebut.

Penemuan bayi itu kemudian oleh  masyarakat  dilaporkan ke Polsek Tanjung Baru dan segera membawanya ke Puskesmas setempat. “Dokter Puskesmas memperkirakan bayi tersebut, baru dilahirkan tujuh jam lalu sebelum ditemukan,” kata Walinagari.

Setelah menjalani pemeriksaan,  bayi itu kemudian dibawa ke RSUD Ali Hanafiah Batusangkar untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Walinagari Tanjung Alam menambahkan,  di lokasi yang sama sudah tiga kali ditemukan bayi yang diduga sengaja dibuang orang tuanya. Kemudian juga ada kasus penemuan bayi pada lokasi lainnya yang tidak jauh dari jembatan Baburai Tanjung Alam tersebut. (bn)
 
Top