Lokasi untuk pembangunan pasar Rahul. (ist). 

PAINAN -  Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. Erizon, MT, mengemukakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, tahun depan akan membangunan pasar kecamatan di Ranah Ampek Hulu (Rahul), Tapan.

"Tahun ini kita targetkan selesai desain  pembangunan pasar Rahul Tapan," kata Ir. Erizon, usai membuka Musrembang Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Rabu (26/2).

Dikatakan, pembangunan dan revitalisasi pasar merupakan salah satu prioritas pembangunan Pesisir Selatan, sehingga setiap kecamatan minimal memiliki satu pasar modren.


"Alhamdulilah sejak empat tahun terakhir ini pemkab sudah membangun 27 pasar modern dan semi modern,"kata Sekda Erizon.

Sementara itu, sebelumnya Camat Rahul Tapan, Mar Alamsyah, mengemukakan, pembangunan pasar merupakan prioritas utama di Kecamatan Rahul.

"Masyarakat sudah menghibahkan  2,5 hektar tanah untuk lokasi pembangunan pasar," kata camat.

Dikatakan lokasi yang dicadangkan untuk pembangunan pasar berada di Nagari Tebing Tinggi Tapan.

Ditegaskan, kepentingan masyarakat harus menjadi prioritas pembangunan seperti pembangunan pasar yang representatif, sarana pendidikan, kesehatan, infrastruktur ekonomi dan lainnya.

Lebih lanjut, Sekda Erizon, menambahkan, bahwa sejak empat tahun terakhir Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, telah banyak membangun beberapa infrastruktur di di beberapa kecamatan bagian selatan ini khususnya Tapan dan sekitarnya.

Disebutkan, infrastruktur yang sudah dibangun itu antara lain, RSUD Tapan, kantor perwakilan Kabupaten Pesisir Selatan, dan Pasar regional Tapan

"Semua sarana itu dibangun untuk mendukung persiapan rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Renah Indojati,"tambahnya.

Dikatakan, sekda,  pemerintah daerah akan terus membangun  berbagai infrastruktur selama moratorium pembentukan DOB diberlakukan pemerintah pusat.

"Jika moratorium sudah dicabut kita sudah memiliki sarana yang memadai sehingga usulan pembentukan DOB Renah Indojati bisa cepat diwujudkan,"tuturnya.

Sebelumnya Camat Ranah Ampek Hulu Tapan, Mar Alamsyah mengatakan, pihaknya telah menetapkan prioritas-prioritas pembangunan di setiap nagari.

Kemudian mengajukan berbagai usulan pembangunan infrastruktur seperti jalan, pasar, sarana olahraga, perkantoran, jembatan, pengendalian banjir dan lainnya Kemudian pihaknya mengusulkan penambahan aparatur pemerintah kecamatan.

Dikatakan, Musrenbang RKPD 2021 Kecamatan Ranah Ampel Hulu Tapan itu mengangkat tema 'Melalui Perencanaan Pembangunan Kita Wujudkan Masyarakat Mandiri dan Sejahtera

Acara itu dihadiri Anggota DPRD Sumbar, Bakri Bakar,  Anggota DPRD Pessel, Yusman, Camat Ranah Ampek Hulu Tapan, sejumlah kepala perangkat daerah, walinagari, tokoh masyarakat, serta elemen masyarakat lainnya. (rn)
 
Top