PADANG - Jumlah kasus Covid-19 di Sumatera Barat bertambah lagi./ Tak tanggung-tanggung, dalam 24 jam terakhir terjadi pertambahan sebanyak 18 orang. Dengan demikian, jumlah keseluruhan menjadi 221 orang.

"Terjadi penambahan kasus sebanyak 18 orang. Jadi total pasien positif Covid-19 di Sumbar sudah 221 orang," kata  Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, dalam keterangan pers tertulisnya, Selasa (5/5).

Selain itu, 1 pasien dinyatakan sembuh dan 1 pasien meninggal dunia. Yang meninggal itu adalah  warga Cendana Kota Padang yang dirawat di Semen Padang Hospital (SPH). Pasien positif Covid-19 itu seorang perempuan berumur 58 tahun, berprofesi sebagai guru.

Sedangka  yang dinyatakan sembuh dan telah pulang ke rumahnya adalah pasien dari RSUD M. Zein Painan. Yang bersangkutan adalah wanita berumur 43 tahun, tenaga kesehatan di Puskesmas Tarusan, Pesisir Selatan.

Dikatakan, dari 18 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu, terbanyak masih dari Kota Padang, yakni 13 orang. "Terbanyak adalah hasil dari tracking cluster pedagang di Pasar Raya, Pangambiran dan ada juga karena ada warga yang baru pulang dari Depok dan Jakarta. Namun rata-rata penularan terbesar itu secara local transmission," kata Jasman.

Selain itu dari Kota Payakumbuh juga ada penambahan 1 orang, Kabupaten Kepulauan Mentawai 1, Tanah Datar 1 orang lagi dan dari Kabupaten Agam sebanyak 2 orang. "Dengan demikian total yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai Selasa 5 Mei 2020 adalah 221 orang, dengan rincian 92 orang masih dirawat, isolasi mandiri di rumah 50 orang, Bapelkes 13 orang dan di BPSDM 12 orang, meninggal dunia 16 orang dan sembuh 38 orang. Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 8.545 orang," kata Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar ini. (sp)
 
Top