PADANG PANJANG - Pertahanan Kota Padang Panjang sebagai daerah 'zero' positif Covid-19 bobol. Tak tanggung-tanggung, 13 warganya langsung dinyatakan positif Covid-19. Lebih mencengangkan lagi, semuanya adalah tenaga kesehatan (Nakes) di kota itu.

Kepastian 13 orang positif Covid-19 tersebut, menyusul keluarnya hasil test swab dari laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, Padang terhadap puluhan tenaga kesehatan kota itu. Kini ke 13-nya menjalani isolasi di RSUD Padang Panjang.

Riwayat terpaparnya 13 tenaga medis itu dengan Covid-19 diduga karena pernah melakukan kontak langsung dengan seorang warga Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar yang positif Covid-19. Wanita yang tengah hamil tua hingga melahirkan itu juga pernah dirawat di RSUD Padang Panjang sebelum akhirnya dirujuk ke RSUP M. Djamil, Padang.

Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang, Nuryanuwar seperti dikutip Harian Indonesia.id, Jumat (1/5) mengatakan, sebelum masuk RSUD setempat, wanita hamil dari Panyalaian itu pernah masuk IGD Puskesmas Kebun Sikolos, Padang Panjang.

Untuk diketahui, wanita positif Covid-19 dari Panyalaian itu sebelumnya berdomisili di Jakarta. Ia pulang ke kampungnya itu sekitar 2 bulan lalu dalam kondisi hamil tua. (sd)
 
Top