PADANG - Lima daerah yang masih hijau atau  negatif Covid-19 di Sumbar bisa lepas dari kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hanya saja masih butuh pertimbangan lainnya, untuk itu akan diputuskan hari ini.

"Dari pool test atau tes Covid-19 dengan jumlah banyak yang kita lakukan di lima  kabupaten dan kota, ternyata semuanya negatif," sebutnya Gubernur Sumbar  Irwan Prayitno, Senin kemarin.

Lima kabupaten/kota itu adalah Solok Selatan, Limapuluh Kota, Sijunjung, Kota Solok dan Sawahlunto.  Dari lima daerah yang masih zero Covid-19 itu, hanya satu dinilai paling aman  yakni Solok Selatan. Oleh karena itu, Solsel dapat dipertimbangkan lepas dari status PSBB provinsi.

Jika dibebaskan dari status PSBB, masyarakat setempat bisa melakukan aktivitas lebih leluasa,  seperti melaksanakan shalat berjamaah di masjid, baik shalat jumat maupun tarwih. Bahkan anak-anak juga bisa kembali belajar di sekolah.

Untuk itu diperlukan pertimbangan dan kajian yang lebih dalam. Keputusan itu akan diambil secara bersama pada rapat evaluasi yang dilangsungkan hari ini  Selasa (5/5).

Dikatakan, daerah-daerah tersebut telah dilakukan tes melalui metode pool yang oleh Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, diambil dengan cara random lewat 100 spesimen. Sebanyak 100 spesimen diambil dari warga yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pantauan (ODP). Hasilnya, daerah Solok Selatan merupakan wilayah yang paling aman saat ini. Sedangkan empat daerah lain di luar Solsel itu memang tidak ada yang positif, namun posisinya sangat rawan, berada di kawasan perlintasan banyak orang. 

“Solok Selatan paling aman, yang lain juga negatif, tapi mengawal daerah itu agak berat karena banyak pergerakan orang di sana. Kalau di Solok Selatan tidak begitu, apalagi kemarin jalan putus,” kata Gubernur Irwan Prayitno.

Disebutkannya, dari jumlah itu ada juga derah yang sebelumnya ada positif, tapi kemudian menjadi nol. Dua daerah itu adalah Kota Pariaman dan Kota Bukittinggi.

Sebelumnya, Gubernur Irwan Prayitno mengeluarkan surat evaluasi PSBB bagi daerah yang kasus positif covid-19 zero atau nol. Dalam surat tertanggal 30 April 2020 itu, ada delapan kabupaten/kota yang terhitung 30 April masih nol kasus positif. Daerah tersebut yakni, Kota Padang Panjang , Bukittinggi, Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Agam, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Limapuluh Kota dan Solok Selatan. Namun sejalan dengan itu ada daerah yang muncul kasus positif Covid-19. (sp)
 
Top