PAINAN -  Bupati Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Hendrajoni, Kamis (7/5) menyerahkan secara simbolis dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di Nagari Tambang, Kecamatan IV Jurai. Bantuan diperuntukkan kepada 145 kepala keluarga (KK).

Dengan dilakukannya pencairan BLT dana  desa ini, maka Kabupaten Pesisir Selatan menjadi kabupaten ke 2 di Sumatera Barat yang menyerahkan BLT DD, setelah sebelumnya Kabupaten Padang Pariaman.

Nagari Tambang Kec. IV Jurai merupakan nagari pertama di Kabupaten Pesisir Selatan yang menyalurkan BLT Dana Desa.

Bupati Hendrajoni didampingi oleh Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni, serta Kepala DPMD Prov. Sumbar Syafrizal Ucok dan Kepala DPMDPPKB, Pesisir Selatan Wendi, menyampaikan harapan kepada penerima manfaat agar dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

"Gunakan bantuan itu dengan bijak terutama untuk kebutuhan pangan," sebut Bupati.

Dikatakan, bantuan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok karena selama masa  pandemi wabah corona masyarakat diimbau untuk tetap di rumah.

Walinagari Tambang Akbar Malik, S.Kom menyebutkan bahwa dinagarinya ada 145 KK penerima BLT DD dengan total Rp138 juta untuk tiga bulan, masing masing KK menerima Rp600 ribu.

Sebagaimana diketahui masyarakat miskin yang terdampak covid 19 di Kabupaten Pesisir Selatan, akan menerima lima jenis bantuan diantaranya; Bansos Tunai dari Kemensos RI akan diterima oleh 20 830 KK, kemudian 11.337 KK akan menerima bantuan dari BLT provinsi dan 16 ribu dari BLT Kabupaten Pesisir Selatan, terakhir BLT DD akan mealokasikan anggaran Rp 50 milyar untuk 28 ribu KK. (rn)

 
Top