Faktual dan Berintegritas

 


PADANG, SWAPENA -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat (Sumbar) selama 2021, telah menyalurkan dan dana Rp7,68 miliar untuk Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Dari jumlah sebanyak itu, sekitar 70 persen di antaranya disalurkan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui beasiswa.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sumbar, Wahyu Purnama A dalam pertemuan tahunan BI, Rabu (24/11) secara virtual mengatakan, PSBI merupakan bantuan yang diberikan untuk mendorong perekonomian dan peningkatan SDM. “Program ini telah berjalan dengan baik setiap tahun, untuk mendorong perekonomian, peningkatan kualitas SDM, serta membantu sektor keagamaan dan kebudayaan,” katanya.

Adapun alokasi PSBI tahun ini, untuk program beasiswa disalurkan sebesar Rp5,4 miliar. Beasiswa disalurkan untuk mahasiswa di delapan perguruan tinggi di Sumbar, sekitar 400 mahasiswa.

Selain untuk beasiswa, PSBI juga disalurkan untuk sebesar 20 persen untuk peningkatan kapasitas ekonomi. Nilainya sekitar Rp1,536 miliar. Selanjutnya untuk kepedulian sosial sebesar Rp732,7 juta atau 10 persen.

PSBI dilakukan setiap tahun sebagai kontribusi BI terhadap tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Program peningkatan kapasitas ekonomi dilakukan melalui program klaster sesuai potensi kelompok penerima manfaat. (hn)

 
Top