Faktual dan Berintegritas


JAKARTA, SWAPENA -- Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, berkesampatan untuk bertemu langsung dengan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi di Jakarta. Dijamu langsung oleh Duta Besar di kediamannya, Rabu (17/11), Gubernur Mahyeldi didampingi  Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Marliosni, dan Staf Khusus Kerjasama Luar Negeri dan Negara Timur Tengah, Dr. Muhammad Zen dan H. Hendri Susanto, Lc.

Pada pertemuan yang berlangsung hangat ini Gubernur Sumbar dan Dubes Kerjaan Arab Saudi untuk Indonesia terlibat pembicaraan intens mengenai kerjasama di bidang pendidikan, ekonomi dan investasi permodalan.

Dikonfirmasi setelah pertemuan yang dimulai sejak pukul 15.00 WIB ini, Buya Mahyeldi mengaku sangat terkesan dan tersanjung atas jamuan yang diberikan oleh Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia ini.

"Sungguh sebuah pertemuan yang sangat bersahabat dan bermanfaat. Kami berbincang mengenai banyak hal yang sangat konstruktif, terutama tentang berbagai peluang untuk bekerjasama di sektor pendidikan, perekonomian dan penanaman modal. Untuk itu, mewakili pemerintah provinsi dan masyarakat Sumatera Barat, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi yang telah menjamu kami semua," ujar Buya Mahyeldi.

Pada kesempatan ini, Gubernur Mahyeldi secara khusus juga memohon kesediaan Kerajaan Arab Saudi untuk menerima juara MTQ Tafsir Al-Quran yang hafal 30 juz dari Sumbar untuk diterima di salah satu perguruan tinggi Saudi Arabia melalui jalur khusus. Permohonan khusus Gubernur ini pun langsung diterima dengan baik oleh Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi  sebagai perwakilan Kerajaan Arab Saudi di Indonesia.

Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi juga menilai bahwa pertemuan dengan Gubernur Sumatera Barat ini sebagai pintu masuk kerja sama Kerajaan Arab Saudi dengan daerah-daerah di Pulau Sumatera. Bahkan di akhir pertemuan, Dubes Kerajaan Arab Saudi ini menawarkan kepada gubernur untuk mengundang 18 negara Timur Tengah yang memiliki perwakilan di Indonesia untuk datang ke Sumbar.

"Insya Allah kami akan menyambut baik kedatangan para Duta Besar negara-negara sahabat kita Timur Tengah di Sumatera Barat. Insya Allah semakin kuat ukhuwah, maka semakin banyak kebaikan yang dapat kita perbuat bagi masyarakat luas, khususnya bagi masyarakat Sumatera Barat," tutup Buya Mahyeldi. (kmf)

 
Top