Faktual dan Berintegritas

Mahyeldi  

PADANG, SWAPENA -- Demi suksesnya Gebyar Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) di Sumatera Barat yang dipusatkan di GOR Haji Agus Salim, Padang, Gubernur Mahyeldi instruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumbar untuk berpartisipasi menyumbangkan doorprize bagi peserta vaksin.

Hal itu disampaikan gubernur saat memberikan pengarahan pada rapat persiapan kedatangan Kapolri dan Panglima TNI, Rabu (3/11). Rapat dipimpin Sekdaprov Sumbar, Hansastri, di ruang rapat Gubernuran, Selasa (2/11). Hadir dalam rapat tersebut Kepala OPD terkait, di antaranya dari BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Diskominfotik, Satpol PP, Kesbangpol, Dispora, Sekwan DPRD, Biro Umum dan Biro Adpim.

"Seluruh OPD saya harapkan dapat juga ikut menyumbangkan door prize bagi peserta vaksinasi. Terserah dalam bentuk apa, yang penting berpartisipasi. Itulah beberapa upaya yang bisa kita lakukan demi suksesnya vaksinasi di Sumbar. Untuk itu, saya akan berpartisipasi menyumbangkan satu unit motor roda dua untuk door prize besok," ujar gubernur dengan penuh semangat.

Selain itu, dalam rapat tersebut gubernur juga memastikan segala kesiapan fasilitas di lokasi vaksinasi massal Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) di GOR Haji Agus Salim yang direncanakan Rabu (3/11) mulai pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini akan ditinjau langsung oleh Kapolri dan Panglima TNI.

Gubernur juga meminta agar petugas di lapangan bisa mengatur dan berkoordinasi dengan penyelenggara agar menata sebaik mungkin alur peserta vaksinasi yang ditargetkan sebanyak 20 ribu orang, agar tidak terjadi penumpukan.

"Alhamdulillah untuk vaksinasi di Sumbar, kita mendapat dukungan TNI-Polri. Ini kali ketiga Kapolri dan Panglima TNI berkunjung ke Sumbar. Harus serius, tidak bisa asal-asalan. Saya harap semua harus bergerak untuk yang terbaik, sehingga hasilnya baik. Sebagai tuan rumah, harus berikan yang terbaik dan maksimal. Intinya, acara harus ekselen," harap gubernur.

Sementara, untuk ketersediaan vaksin dan vaksinator menurut Kepala Dinas Kesehatan Arry Yuswandi, sudah tersedia dan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Untuk stok vaksin insyaallaah aman dan kita juga sudah koordinasi dengan Biddokes Polda, TNI, rumah sakit dan organisasi profesi, ada 57 tim vaksinator disiapkan untuk vaksinasi di GOR. Nanti kita komunimasikan juga dengan BKKBN. Kita optimis pencapaian vaksin 20 ribu bisa tercapai," jelas Kadinkes.

Terkait pengerahan massa, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri juga menyatakan kesiapan menghadirkan siswa yang belum divaksin. Termasuk berkoordinasi dengan Kementerian agama untuk ikut menghadirkan siswa tsanawiyah dan aliyah.

Di samping siswa dan masyarakat, akan dihadirkan pula karayawan dari berbagai perusahaan, dari organisasi pemuda, Pramuka, atlet dan konstituen anggota legislatif.

Kadis Kominfotik Jasman Rizal juga mengusulkan agar lebih intens lagi melibatkan kampus dari berbagai universitas dan perguruan tinggi yang ada di Kota Padang dan Sumbar untuk mengikuti vaksinasi.

Sekdaprov Hansastri berharap semua pihak bisa berpartisipasi demi kebaikan masyarakat Sumbar. Gebyar vaksinasi reguler ditambah Sumdarsin menurut Hansastri diharapkan bisa terus meningkatkan vaksinasi Sumbar.

Selain meninjau vaksinasi, Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga dijadwalkan dialog virtual dengan bupati/walikota dan Forkopimda 19 kabupaten/kota. (kmf)


 
Top