PADANG - Kadai Baca  Kampung Jambak (Kaba Kamboja) di Kampung Jambak, Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang kekurangan koleksi buku bacaan. Sementara minat baca dari anak-anak setempat cukup tinggi.

Kaba Kamboja merupakan taman baca yang didirikan oleh 29 Mahasiswa KKN UNP di Kampung Jambak RT 02 RW 1 kelurahan Batipuh Panjang, Koto Tangah dan diresmikan pada Juli lalu. Selama masa pandemi Covid-19 ini ramai dikunjungi anak-anak dan orang tua yang mendampingi untuk belajar seperti membaca, mewarnai, menggambar, dongeng hingga pelajaran pengetahuan bagi mereka dengan jadwal buka setiap Jumat dan Sabtu pukul 14.00 hingga 17.00. 

Sekretaris Kaba Kamboja, Hanifah Putri RU, mengatakan, Kaba Kamboja yang memiliki motto 'Membaca Candu Menulis Rindu' ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak di masa pandemi Covid-19 dan melepas rindu mereka untuk belajar di sekolah setelah cukup lama belajar online. 

"Kaba Kamboja ini berangkat dari kebutuhan masyarakat khususnya anak-anak yang merindukan suasana belajar di sekolah, maka taman baca ini menjadi solusi terbaik bagi mereka sehingga tidak terpaku dengan smartphone setiap harinya," katanya, Minggu (23/8).


Dikatakan, saat ini Kaba Kamboja sangat membutuhkan bantuan buku khususnya untuk anak-anak dan kini mulai membuka donasi dengan mengimbau masyarakat sekitar yang memiliki koleksi untuk membantu. 


Hanifa juga melanjutkan, Kaba Kamboja saat ini memiliki koleksi buku kurang dari 200 judul dan ke depan berencana akan meminjam koleksi buku pustaka daerah sehingga nantinya para anak-anak tidak bosan dengan koleksi buku yang tersedia. 

"Kita akan terus berusaha dan bekerja sama dengan pihak terkait untuk mengembangkan taman baca ini sehingga ke depannya terus meningkatkan wawasan dan mengasah kreativitas generasi serta membangun karakter agar berbudi pekerti baik," tambahnya. 

Aktivitas kaba Kamboja atau bagi masyarakat yang ingin donasi bisa kontak melalui medsos seperti instagram @kaba_kamboja, kemudian Facebook Batipuh  Jaya dan YouTube kaba Kamboja channel. (rian)

 
Top