Kebakaran di Guguak Malalo. 

BATUSANGKAR - Dalam semalam tadi terjadi dua kebakaran di Kabupaten Tanah Datar.dari dua kasus itu, Satu menghanguskan rumah gadang atau rumah adat.

Kebakarsn rumah gadang terjadi di Jorong Guguak, Malalo, Kecamatan  Batipuah Selatan. Tidak ada korban jiwa. Kerugian ditaksir sekitar Rp250 juta lebih.

Peristiwa tersebut terjadi Selasa  (11/8) dini hari sekitar pukul 00.30 WIB. Rumah gadang tersebut dihuni oleh N. Zarnis (71).

Karena terbuat dari kayu, dalam waktu singkat rumah  tersebut ludes jadi abu. Apalagi lokasi kebakaran berada jauh, empat unit mobil kebakaran yang datang dari Padang Panjang, Batusangkar dan Agam  hanya dapat memadamkan puing-puing kebakaran rumah gadang berukuran 25 x 9 meter itu saja lagi.

Polisi yang datang ke lokasi sudah memintai keterangan dari beberapa saksi yang mengetahui kejadian.

Informasinya, api pertama kali diketahui warga bernama Akmal dan langsung meminta bantuan masyarakat sekitar. Sekitar pukul 01. 15 WIB 4 unit  mobil Damkar  datang ke TKP. Api baru tuntas dipadamkan sekitar pukul 02.30 WIB.

Hingga tadi malam belum diketahui sumber api yang menghanguskan rumah gadang tersebut.

Sebelumnya juga terjadi kebakaran  di Jorong  Tabek Patah, Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung. Peristiwanya sekitar pukul 21.00,  Senin (10/8).

Rumah semi permanen milik Ernika Gusri (60) ludes terbakar. Dalam peristiwa kebakaran itu korban mengalami kerugian materi sekitar puluhan juta rupiah.

“Sumber api masih dalam penyidikan pihak berwajib,” kata Kasi Keselamatan Kebakaran pada Kantor Satpol PP dan Damkar Tanah Datar, Fauzi sebagaimana dikutip bakaba.net.

Sebanyak empat unit armada pemadam kebakaran dalam peristiwa  itu, termasuk bantuan dari Kabupaten Agam. (sdm)


 
Top